2.300 Jamaah Haji Asal Sidoarjo Siap Berangkat ke Tanah Suci, Pesan Gus Muhdlor Jaga Niat dan Kesehatan

0
262

Sidoarjo, IP.News – Tahun ini 2.300 orang jama’ah haji asal Sidoarjo yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah. Hari ini Rabu (10/5) mereka mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal yang digelar
Kementerian Agama Sidoarjo di gedung Rohmatul Ummah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor menyampaikan pesan kepada para jamaah haji untuk senantiasa menjaga niat dan kesehatan selama berada di tanah suci. Dikatakannya, cuaca di Mekkah diprediksi bisa mencapai 50 derajat celcius saat ibadah haji berlangsung. Oleh karenanya ia meminta untuk benar-benar mempersiapan segala sesuatunya. Seperti membawa vitamin dan menjaga pola makannya. Jama’ah haji juga diminta menghindari makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit yang diderita.

“Jenengan harus persiapkan dengan baik, jangan sampai ibadah jenengan ini terganggu karena faktor kesehatan. Mulai sekarang bapak-ibu jaga kesehatan, jaga niat sampai nanti berada di tanah suci Mekkah,”pesan Gus Muhdlor.

Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo itu juga mengimbau kepada jamaah haji untuk selalu patuh kepada petugas haji yang mendampinginya. Ia juga meminta petugas haji untuk memperhatikan jama’ahnya. Terutama kepada jamaah haji yang sudah Lansia. Petugas kesehatan haji diharapkan sabar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para jamaah yang didampinginya.

“Yang jadi pendamping saya harapkan menganggap ibu-ibu, bapak-bapak lansia jama’ah haji sebagai bapak ibu jenengan sendiri,”pintanya.

Gus Muhdlor mengungkapkan, bahwa Sidoarjo menjadi kabupaten dengan jumlah jama’ah haji terbanyak di Jawa Timur. Terdapat 85.580 warga Sidoarjo yang telah mendaftarkan dirinya untuk berangkat haji. Mereka siap menunggu antrian sampai 35 tahun kedepan.

“Kita termasuk kabupaten dengan jamaah haji terbanyak, perhari ini ada 85.580 warga Sidoarjo yang mendaftar haji walaupun antrian di Kabupaten Sidoarjo cukup panjang, sekitar 35 tahun,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo H. Moh. Arwani M.Ag mengatakan dalam pemberangkatan ibadah haji tahun ini terdapat porsi Lansia dan cadangan. Porsi Lansia jumlahnya 34 orang dan 262 orang porsi cadangan. Sehingga total keselurahannya 2.596. Pertanggal 5 Mei kemarin, jamaah haji yang telah melunasi keberangkatannya sebanyak 1.992 orang. Pelunasan tersebut diperpanjangnya sampai tanggal 12 Mei besok.

“Mudah-mudah ini nanti bisa terpenuhi, untuk Sidoarjo ini kita dikasih kuota 2.596, dan alhamdulillah kemarin kita kembali mendapatkan tambahan porsi cadangan 147 orang,”ujarnya.

Disampaikan Arwani Bimbingan Manasik Haji Massal yang digelar sebanyak tiga angkatan. Angkatan pertama digelar tanggal 8-9 Mei kemarin. Sedangkan manasik haji yang dihadiri bupati Sidoarjo kali ini merupakan angkatan kedua. Digelar mulai tanggal 10-11 Mei. Untuk angkatan ketiga besok akan digelar mulai tanggal 15-16 Mei mendatang. Tempatnya di gedung Rohmatul Ummah Sidoarjo.

“Yang ikut bimbingan manasik haji ini sebanyak 1.992 orang jamaah haji yang telah melunasi keberangkatan hajinya,”ucapnya. (Met/Bas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here