5+ Tanda Istri Kurang Bersyukur, Naudzubillah Min Dzalik!

0
43

Cepat mengeluh juga merupakan tanda dari istri yang kurang bersyukur

IP.News – Apa saja tanda istri kurang bersyukur? Yuk simak di bawah ini! Jangan sampai kita memiliki salah satunya. Naudzubillah min dzalik!
Banyak kriteria istri shalehah, salah satunya adalah memaksakan suaminya untuk memberikan nafkah melebihi penghasilannya dan mampu bersyukur atas nikmat rezeki yang diberikan suami kepadanya.

Rasa syukurnya diwujudkan dengan terampil mencukupi kebutuhan semua orang dengan layak, terutama anak-anak.

Namun, bagaimana jika istri kurang bersyukur? Selalu menuntut suaminya untuk memberinya lebih? Allah SWT berfirman: “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya.

Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberi kelapangan sesudah kesempitan.” (QS Ath Thalaq: 7).

Istri hendaknya memiliki sifat qana’ah atau merasa cukup dengan rezeki yang Allah berikan, bersyukur kepada Allah SWT, serta juga bersyukur kepada suami bagaimana pun keadaan nafkah yang diberikan. Karena, Allah SWT membenci istri yang tidak bersyukur kepada pemberian suaminya.

Rasulullah SAW bersabda: “Allah tidak akan melihat kepada perempuan yang tidak bersyukur kepada suaminya, dan dia tidak merasa cukup dengan apa yang diberikan suaminya.” (HR.An Nasa’i dan Al Baihaqi).

Sifat kurang bersyukur kepada suami merupakan hal yang banyak terjadi pada diri perempuan, sehingga membuatnya menjadi mayoritas penduduk neraka. Rasulullah SAW bersabda: “’Diperlihatkan kepadaku neraka, dan aku melihat kebanyakan penduduknya adalah perempuan’.

Para perempuan bertanya: ‘apakah karena mereka kufur kepada Allah?’”

Rasulullah SAW menjawab: “Karena mereka kufur kepada suami mereka dan kufur kepada kebaikan suami mereka.

Jika engkau para suami, berlaku baik kepada istri kalian sepanjang waktu, kemudian sang istri melihat satu keburukan dari dirimu, maka sang istri akan mengatakan: aku tidak pernah melihat kebaikan dari dirimu.” (HR. Bukhari no. 29, Muslim no. 907).

Istri yang kurang bersyukur kepada pemberian suami akan terus merasa kekurangan. Apa yang didapatkan selalu merasa tidak puas dan tidak bisa dinikmatinya.

Hati terus-menerus cemas dan gelisah memikirkan dan mengejar apa yang tidak dimiliki.

Allah SWT berfirman: “..Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali ‘Imran : 145).

Ternyata, masih banyak istri yang kurang bersyukur terhadap kondisi suaminya. Padahal dengan bersyukur, hidup akan terasa nyaman, tentram, damai, dan jauh dari perasaan resah atau gelisah. Syukur juga salah satu jalan menuju surga.

Berikut ini beberapa tanda-tanda istri kurang bersyukur atas pemberian suami:

1. Sulit Berterima Kasih

Ketika seorang istri sulit untuk mengucapkan terima kasih atas pemberian suami, itu sudah menjadi tanda dari seorang istri yang kurang bersyukur. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: ”Siapa yang tidak pandai bersyukur (berterimakasih) kepada manusia, berarti dia belum bersyukur kepada Allah.” (HR Tirmidzi No. 1877).

Banyak istri yang tidak berterimakasih pada suami hanya karena merasa kebaikan yang diperoleh tersebut merupakan haknya, atau merupakan kewajiban suami. Padahal, menurut Penelitian di Harvard University, sering berterimakasih akan membuat hidup menjadi lebih berbahagia.

Jika rasa syukur terdapat pada hati istri, maka Allah menjanjikan nikmat yang berlipat ganda.

Seperti dalam firman Allah: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).

2. Lalai dalam Beribadah

Istri yang pandai bersyukur sudah pasti menjadikan segala aktivitasnya bernilai ibadah, baik itu saat mengerjakan pekerjaan rumahnya, menyajikan makanan, bahkan hingga tidurnya. Selain itu, saat mengerjakannya selalu diiringi dengan dzikir dan ibadah sunnah lain yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Maka bisa dipastikan pula orang yang lalai dan sedikit ibadahnya, sedikit waktu yang digunakan untuk mengingat Allah, menjadi tanda dari istri yang kurang bersyukur. Ini karena hatinya tidak dipenuhi oleh dzikir hingga akhirnya tidak merasa bahwa pemberian suami datangnya dari Allah.

3. Sering Merasa Iri

Waspadalah dengan rasa iri. Jika memelihara sifat ini, bisa jadi istri akan menjadi orang yang kurang bersyukur. Karena, iri dan dengki menyebabkan istri selalu membanding-bandingkan nikmat yang diperoleh dari suami dan yang orang lain dapatkan.

Rasa iri tersebut perlahan-lahan akan menggerogoti rasa syukur hingga perlahan hilang. Membandingkan materi, rumah, kendaraan, perhiasan dengan istri lain dan kembali membicarakannya dengan suami bukan hanya tanda istri kurang bersyukur, tetapi juga akan melukai hati suami.

Sebenarnya, merasa iri diperbolehkan jika iri karena orang lain dapat mempelajari Alquran dan mengajarkannya, serta iri karena orang lain mempunyai banyak harta dan menggunakannya untuk bersedekah.

4. Mudah Mengeluh

Tanda istri selalu bersyukur adalah selalu tersenyum ketika Allah berkehendak lain yang tidak sesuai dengan keinginannya. Saat istri sudah merasa lapang akan hal itu, maka nilai-nilai syukur sudah menjadi karakter dalam diri istri yang sangat dibutuhkan.

Istri yang selalu bersyukur juga tidak akan mudah mengeluh, karena orang yang senantiasa bersyukur akan selalu memiliki sikap ketawadhu’an atas semua yang Allah perintahkan kepadanya. Karena mengeluh menandakan bahwa istri sebenarnya sedang menantang Allah, memberontak atas keputusan yang Allah berikan, dan bahkan bisa jadi justru sedang marah kepada Allah.

5. Selalu Menuntut

Sebelum menikah, seorang perempuan membayangkan pernikahan yang begitu indah. Dia memiliki gambaran yang sangat ideal dari sebuah pernikahan.

Kelelahan yang sangat, capek, masalah keuangan, dan segudang problematika di dalam sebuah keluarga luput dari gambarannya.

Akhirnya, ketika harus menghadapi semua itu, dia tidak siap dan malah menuntut suami untuk memberikan kondisi keluarga ideal yang sama seperti bayangannya. Padahal, tidak semua suami memiliki kondisi yang sama.

Selalu menuntut hal-hal yang berada di luar kemampuan suami juga akan memberatkan dan menunjukkan tanda bahwa istri kurang bersyukur.

6. Menyebarkan Aib Suami

Seorang istri yang shalihah akan senantiasa menempatkan ketaatan kepada suami di atas segala-galanya. Dia akan taat kapan pun, dalam situasi apapun, senang maupun susah, lapang maupun sempit, suka ataupun duka.

Namun, saat ketaatan itu menghilang, istri akan menunjukkan tanda kurang bersyukur. Jika hanya mengeluhkan ketidakcukupan kepada suami dianggap hal yang normal, biasanya istri yang tidak bersyukur tersebut akan menyebarkan aib suaminya tersebut kepada orang lain.

Padahal, aib suami tidak boleh disebar apalagi jika ditambahkan dengan celaan lainnya. Tugas seorang istri adalah menjaga aib sekaligus perasaan seorang suami.

Jika menemukan tanda istri kurang bersyukur, segera hilangkan Moms. Agar rumah tangga berjalan dengan lebih baik dan berkah. (Cb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here