Akses Siswa Pinggiran, Gedung SMPN 2 Tulangan Di Resmikan Bupati Sidoarjo

0
315

Sidoarjo, IP.News – Demi menampung para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada jauh di pinggiran Sidoarjo, Gedung Sekolah Menengah Pertama, SMP Negeri 2 Tulangan Kabupaten Sidoarjo, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP. Senin (16/1) kemarin.

Turut hadir dalam peresmian gedung SMP Negeri 2 Tulangan yakni Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP, Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Tirto, M.Pd, Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman, M.Kes., Forkopimda Sidoarjo, Kepala sekolah SMP Negeri, MKKS SMP Swasta, K3S, Pengawas SD dan SMP sekabupaten Sidoarjo, Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo Akhmad Muhdor, PJ Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto, Forkopimka Tulangan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, Tirto Adi mengatakan gedung baru dengan 9 Ruang Kelas Baru (RKB) dan itu terletak di Desa Grinting Kecamatan Tulangan, dibangun di atas lahan eks TKD seluas 2,2 hektare. Dengan alokasi dana 7,2 milyar baik untuk perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasanya selama dalam proses pengerjaan fasilitas pendidikan menengah tersebut.

” Sedangkan fisik bangunan tahap awal yang kini telah terbangun yakni 5 ruang kelas dan 4 ruang belajar yang lain. Untuk fasilitas penunjang kegiatan belajar juga di lengkapi 8 unit kamar mandi putra dan putri, 1 unit instalasi pengolahan air limbah, 1 serta unit jaringan listrik “. Ungkap Tirto.

Lebih lanjut Tirto menyampaikan pada tahun ajaran 2022-2023 SMP Negeri 2 Tulangan sudah menerima 5 kelas yang terdiri dari 170 siswa, yang selama semester satu para siswa pembelajarannya numpang belajar di SMP Negeri 1 Tulangan.

“Setelah diresmikan gedung baru ini insya Alloh hari senin depan anak-anak bisa mulai belajar di gedung baru ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Tirto menjelaskan Pada tahun anggaran 2023 pemerintah kabupaten Sidoarjo melalui dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Sidoarjo akan melanjutkan pembangunan SMP Negeri 2 Tulangan dengan alokasi dana 6,9 milyar untuk melanjutkan urukan di sebelah timur, membangun 1 ruang kelas inklusi, 6 ruang kelas baru dan satu ruang kelas.juga untuk tempat ibadah.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor dalam sambutannya menyampaikan Pembangunan SMP Negeri 2 Tulangan ini menjadi momentum awal perbaikan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo, aksesbilitas menjadi kunci hampir setiap kecamatan di Sidoarjo memiliki sekolah SMP Negeri sebanyak dua buah, kecuali kecamatan Prambon dan Kecamatan Tulangan hanya memiliki satu SMP Negeri. Dengan dibangunnya SMP Negeri 2 Tulangan, kini hanya kecamatan prambon yang masih memiliki satu SMP Negeri.

“Prambon harus menjadi atensi utama pembangunan ke depan. SMP Negerinya hanya satu, harus dituntaskan minimal dua semua. Tanahnya sudah ada tinggal pembangunannya “. Kata Bupati Muhdlor

Lebih lanjut bupati Sidoarjo mengatakan pemerataan pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk itu Pemkab Sidoarjo akan memastikan aksesbilitas pendidikan bagi masyarakat dapat merata. Pembangunan sekolah yang layak juga akan terus didorong.

“Tugas pendidikan saat ini bukan hanya mencetak generasi yang pintar. Tetapi juga mencetak generasi yang memiliki karakter dan daya saing yang kuat. Hal itu sangat penting pada saat ini karena untuk menghadapi era digitalisasi. Untuk itu pendidikan karakter harus diberikan. Penguatan karakter dengan peningkatan spiritual dapat diberikan. Selain itu memiliki daya struggle yang tinggi harus terus disampaikan kepada peserta didiik,Perlu dicatat bahwa orientasi pendidikan saat ini adalah menumbuhkan generasi yang memiliki daya saing demi indonesia emas 2045,” tandasnya. (Met).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here