Awali Hidup dengan Selalu Optimistik

0
355

Lagi-lagi, pebisnis muda inline shop, Sushiani, alias Chen Xuan, memberi kita tips hidup selalu optimistik. Setiap bangun pagi, sebelum bekerja, badan ditata rapi. Mandi dan bertatarias, kemudian memberi pewangi tubuh kita. Usahakan badan selalu bersih dan wangi atau sedap baunya. Ini sebagian dari cara hidup optimistik untuk mengawali kerja.

Itulah cuplikan dari nasihat Sushiani alias Chen Xuan kepada Indonesia Pos. Hidup setiap hari, harus kita awali dengan jiwa selalu oprimistik. Perasaan optimistik seseorang bisa dilihat dari cara berdandan. Optimistik seseorang juga bisa dilihat dari penampilan fisiknya. Ini karena jiwa manusia itu akan mengekspresikan jati dirinya secara fisik pula.

Hidup optimistik adalah suatu sikap mental dan filosofi hidup di mana seseorang cenderung melihat sisi positif dari kehidupan. Kita selalu memiliki keyakinan bahwa hal-hal baik akan terjadi. Kita juga merasa mampu mengatasi tantangan yang mungkin muncul.

Ada beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri orang yang hidup dengan optimisme. Seseorang terlihat secara fisik selalu ceria dan berpenampilan menarik. Ini karena dalam juwanya terdapat jiwa sebagai berikut.

Kita selalu melihat situasi dari sudut pandang yang positif. Kita fokus pada peluang dan solusi daripada masalah dan hambatan. Kemudian, kita percaya pada kemampuan diri kita sendiri untuk mengatasi masalah dan mencapai tujuan. Jadi, kita memiliki rasa percaya diri yang kuat.

Adapula jiwa kita itu cenderung lebih fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Kita harus melihat perubahan sebagai peluang untuk pertumbuhan dan pembelajaran. Dengan demikian, kita merasa ada tingkat ketahanan yang tinggi terhadap stres dan tekanan. Mereka mampu pulih lebih cepat dari kejadian-kejadian yang sulit.

Lebih penting lagi, jika kita selalu optimistik, kita merasa memiliki harapan yang tinggi terhadap masa depan. Orang yang optimistik selalu yakin bahwa masa depan akan menjadi lebih baik. Kita memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin mereka capai.

Kemudian, jika kita bisa berjiwa optimistik, kita juga harus sering kali senang berbagi kebahagiaan kita dengan orang lain. Kita harus menciptakan lingkungan positif bagi diri kita sendiri dan orang di sekitar kita.

“Dan, yang penting di antara yang lebih penting, kita bisa optimistik, jika kita juga berfokus pada pencarian solusi daripada terlalu banyak berkutat pada masalah. Kita harus selalu mencari cara untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Papar Sushiani, kepada Indonesia Pos.

Orang optimistik seringkali menggunakan bahasa yang positif dalam berbicara. Mereka menghindari penggunaan kata-kata negatif dan pesimis. Selain itu, Orang yang optimistik sering memiliki tujuan yang jelas dalam hidup. Mereka memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian, orang optimis melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Mereka tidak terlalu terpengaruh oleh kegagalan dan cenderung cepat bangkit.

“Hidup optimistik bukan berarti mengabaikan kenyataan atau mengabaikan masalah yang ada. Sebaliknya, optimisme adalah cara pandang yang membantu individu menghadapi tantangan dan kesulitan dengan keyakinan dan semangat positif. Hal ini dapat memberikan manfaat kesejahteraan mental dan emosional yang besar. Tutur Chen Xuan kepada Indonesia Pos.

Itulah jiwa optimistik yang selalu diciptakan dalam diri Sushiani alias Chen Xuan, pebisnis yang selalu tampak cantik dan segar itu dalam kisahnya. (Dju/Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here