Bersih Desa Cluring Sambut tahun Baru Islam dan HUT RI KE – 78

0
152

Banyuwangi, IP.News – Dalam memperingati Tahun baru Hijriyah,atau Tahun Islam 1445 Hijriah, Pemdes Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, mengadakan bersih dan dirangkai dengan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) KE 78 mengadakan serangkaian beberapa diantaranya Ruwatan.

Diadakannya Ruwatan dimaksudkan agar Desa Cluring diberikan keselamatan,baik pemerintahannya dan masyarakatnya. Sebelum diadakan ruwatan , terlebih dahulu diawali dengan qotmil Qur’an dan dilanjutkan santunan yatim piatu pada malam harinya.

Kepada Desa Cluring , Sunarto Eka Siswoyo SPd,saat dikonfirmasi terkait diadakannya ruwatan dalam rangka memperingati Tahun baru Hijriyah dan HUT RI KE 78 menyampaikan agar masyarakat Desa Cluring diberikan keselamatan dan keamanan serta ketenteraman.

Selain daripada itu ,kata Kades, Sunarto, ruwatan ini bertujuan nguri urut atau melestarikan seni budaya agar tidak punah.Ruwatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 Agustus 2023 di balai Cluring, mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat.

Bahkan masyarakat sangat menikmati pagelaran wayang kulit ruwatan bersih desa dengan Kidalang Sarji Warsito, mereka menyaksikan pertujukan hingga selesai. (nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here