Bersih Desa Pepelegi, Adakan Pagelaran Wayang Kulit

0
897
Kepala Desa Pepelegi Iswahyudi, SE menyerahkan gunungan wayang kepada dalang Ki Anom Dwijo Kangko didampingi oleh sekretaris desa, ketua BPD dan LPMD

Sidoarjo, IP.News – Dalam rangka bersih desa tahun 2019, masyarakat Desa Pepelegi Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Anom Dwijo Kangko dari Karangayar – Solo Jawa Tengah dengan lakon Pandowo Syukur, Sabtu (26/10/2019) yang digelar di halaman kantor desa setempat.

Acara semakin meriah dengan kehadiran bintang tamu sinden Agnes Serfozo dari Honggari, Pagelaran wayang kulit ini diawali penyerahan gunungan wayang dari Kepala Desa Pepelegi Iswahyudi, SE kepada dalang Ki Anom Dwijo Kangko.

Dalam sambutannya, Iswahyudi menjelaskan, acara malam ini merupakan puncak bersih desa, setelah sebelumnya berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan, diantaranya pengajian akbar dengan penceramah Gus Gendeng dari Kediri yang diikuti seluruh warga desa pepelegi dan tokoh masyarakat.diselenggarakan pada minggu lalu, doa tahlil serta selamatan dengan menghidangkan ratusan tumpeng.

” Selain wujud syukur, bersih desa diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa serta menguatkan nilai-nilai gotong-royong,” ucap Kepala Desa Pepelegi.

Iswahyudi menegaskan, pagelaran wayang kulit ini merupakan bagian untuk ikut serta berpartisipasi dalam melestariakan budaya bangsa. Dengan menggelar pagelaran wayang kulit ini harapannya kedepan supaya desanya dalam lindungan Allah SWT dan masyarakat tentram gemah ripah loh jinawi.” Pagelaran wayang yang kita selenggarakan ini menjadi bukti dan komitmen Pemerintah Desa Pepelegi untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia.” Tegasnya.

Di akhir sambutannya, Iswayudi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari seluruh warga Desa Pspelegi dan mengharap supaya budaya dan tradisi ini tetap terjaga dan tetap berjalan, karena sebagai generasi penerus yang wajib menjaga dan melestarikan budaya ini, dan juga mudah-mudahan Desa Pepelegi di berikan kekuatan, keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Harapannya keharmonisan kerukunan dan kebersamaan masyarakat terjalin dengan erat dan penuh rasa persaudaraan dapat terus terpelihara.

” Karena kerukunan dan kebersamaan ini modal penting bagi kita untuk membangun Desa Pepelegi,” tandasnya. (cak bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here