Bumdesma MAHAKARYA Cluring Melaksanakan MAD PJ TH 2022

0
469

Banyuwangi, IP.News – Bertempat di Waterpark Kecamatan Cluring Banyuwangi,Bumdesma “MAHAKARYA” melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggung Jawaban tahun 2022 yang dihadiri oleh semua pengurus,Dewan Penasihat atau semua kepala desa,pengawas, pendamping Kabupaten,Kecamatan, Desa dan delegasi dari masing-masing desa,Rabu (8/3/2023).

MAD Pertanggung Jawaban Bumdesma Mahakarya dibuka langsung oleh DPMD Kabupaten Banyuwangi,Imam Solikin. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus Bumdesma MAHAKARYA Cluring yang pengelolaanya terus berkembang dan maju.

“Surplus untuk Bumdesma MAHAKARYA Cluring ada penurunan dari tahun kemaren,karena kita semua tahu kondisi tahun-tahun ini kondisi ekonomi belum pulih seratus persen pasca Covid-19,”jelas Imam Solikin.

Selanjutnya penyertaan modal dari masing-masing desa yang nilainya Rp.5 juta SHU nya nanti akan masuk ke APBDes.Dan untuk aset Bumdesma masuk ke sosial dipergunakan untuk masyarakat miskin,tambahnya.

Ketua Dewan Penasihat Bumdesma MAHAKARYA Cluring,Sunarto,SE yang juga sebagai Kepala Desa Cluring ketiga dihubungi lewat sambungan telvon yang sedang ada kepentingan di Malang menyampaikan harapannya,agar di tahun 2023 setelah pasca Covid-19 menjadi endemi ini untuk lebih meningkatkan kinerja pengurus Bumdesma MAHAKARYA Cluring lebih giat lagi menangani permasalahan tunggakan-tunggakan di masing-masing kelompok karena dampak Covid-19 di tahun- tahun yang lalu.

“Kita libatkan semua pengurus yang ada untuk lebih aktif dan peduli terhadap perkembangan Bumdesma MAHAKARYA Cluring agar target Rencana Pendapatan di tahun 2023 akan tercapai dan tunggakan atau kolektibilitas bisa menurun,”jelas Sunarto.

Dalam rangka mengembangkan usaha dan peningkatan produktifitas Bumdesma MAHAKARYA Cluring pada semester ke dua tahun 2023 ini direncanakan membentuk PTLKM,imbuhnya.

Ahmad Fauji Junaidi sebagai Ketua Pengawas Bumdesma MAHAKARYA Cluring memaparkan terkait kinerja dari Pelaksana Operasional cukup baik dan hasil audit tiap bulan sudah sesuai semua dengan buku administrasi,buku bank dan neraca keuangan tidak ada selisih atau kesalahan.

“Capaian-capaian Bumdesma MAHAKARYA Cluring antara lain,untuk jasa pengembalian paling kecil dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Banyuwangi,untuk dana sosial kepada masyarakat paling besar untuk tahun-tahun sebelumnya,untuk tahun 2022 sama se Banyuwangi dan juga tunggakan atau kolektibilitas masih dibawah prosentase yang menjadi ketentuan peraturan yang ada,”tambahnya.

Direktur Bumdesma MAHAKARYA Cluring,Yuda Yogatama menjelaskan,melalui (Musyawarah Antar Desa) MAD selain disampaikan LPJ juga disampaikan Rencana Bumdesma MAHAKARYA Cluring untuk tahun 2023.Untuk Rencana tahun 2023 Pelaksana Operasional kali ini merencanakan target pendapatan dengan Optimis bukan Pesimis,dengan cara meningkatkan jumlah perguliran dengan cara membentuk kelompok-kelompok peminjam baru di masing-masing desa.

Dengan melibatkan peran Dewan Penasehat yang lebih aktif lagi,karena Dewan Penasehatnya adalah semua kepala desa se Kecamatan Cluring.

“Semua kepala desa diharapkan bisa membentuk kelompok-kelompok peminjam baru di desanya agar capaian perguliran lebih bisa maksimal lagi sesuai rencana untuk tahun tahun 2023 sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan dialokasikan untuk pemupukan modal,operasional kelembagaan dan pelatihan kelompok juga dana sosial untuk masyarakat yang sudah diatur dalam AD/ART Bumdesma MAHAKARYA Cluring,”jelasnya.

Peserta Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggung Jawaban Bumdesma MAHAKARYA Cluring,semua peserta menerima MAD PJ tahun 2022. (Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here