Bupati, Semarak Festival Layangan LED Jadi Daya Tarik Masyarakat Lestarikan Budaya

0
286

Sumenep, IP.News – Semarak Festival Layangan LED yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diikuti puluhan layangan bermacam bentuk, (26/4).

Festival layangan LED tersebut bertempat di objek wisata Pantai Lombang Kecamatan Batang-Batang, dari berbagai macam bentuk layangan dihiasi dengan lampu LED yang terkesan menarik dan unik saat diterbangkan pada malam hari.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pembukaan Festival Layangan LED mengatakan, diselenggarakannya even layangan LED ini merupakan kegiatan yang merujuk kepada salah satu budaya lokal yang hingga kini masih terkesan menarik dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat, baik yang muda maupun yang tua.

” Ada keunikan tersendiri di festival layangan LED ini, berbagai macam bentuk layangan dihiasi lampu dan dilepas pada malam hari,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rabu (26/04/2023).

Pentingnya kegiatan yang bernuansa budaya lokal terus digerakkan di era teknologi saat sekarang ini, sehingga para kaum milenial tidak selalu terfokus pada permainan digital.

” Saat ini, permainan modern yang serba digital sangat dahsyat mempengaruhi kalangan pemuda. Maka permainan yang bernuansa budaya lokal dan tak kalah lebih pentingnya untuk terus digerakkan, salah satunya adalah permainan layangan LED,” jelas Bupati Fauzi.

Lebih lanjut Bupati Achmad Fauzi menuturkan, selain melestarikan budaya lokal melalui festival layangan LED, juga mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah, salah satunya objek wisata Pantai Lombang.

“Setelah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia dua tahun terakhir, di selenggarakannya festival layangan LED ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan,” tuturnya.

Mujib, selaku panitia penyelenggara kegiatan Festival Layangan LED menegaskan, peserta layangan LED berasal dari masyarakat umum, Desa, dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

“Alhamdulillah, Festival layangan LED 2023 meriah dan diikuti sebanyak 67 layangan, dengan berbagai macam bentuk,” tukasnya.(*/Rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here