Bupati Muhdlor Beri Penghargaan Kinerja Perangkat Daerah Kepada OPD Sidoarjo

0
142

Sidoarjo, – IP.News – Penghargaan kinerja perangkat daerah tahun 2023 diberikan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP kepada OPD Sidoarjo. Penghargaan diberikan kepada dinas, badan, Puskesmas serta kantor kecamatan dan kantor kelurahan.

Selain penghargaan kinerja perangkat daerah 2023, juga diberikan penghargaan Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah Daerah) 2023, penghargaan pelayanan publik 2023 serta penghargaan penilaian Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) 2023. Penghargaan tersebut diserahkan Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto mewakili Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP di pendopo Delta Wibawa, Rabu, (17/1).

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2024 oleh kepala OPD Sidoarjo. Dalam kesempatan itu juga dihadirkan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin SH untuk menyampaikan materi “Tata kelola pengaduan pelayanan publik menuju pelayanan publik prima”.

Selain itu juga diisi materi “Penguatan implementasi Sakip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo” oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Budi Prawira SE,MM yang dilakukan secara online.

Ditempat terpisah, Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor meminta capaian kinerja perangkat daerah dapat semakin meningkat. Pasalnya capaian kinerja tersebut berdampak langsung kepada masyarakat. Masyarakat akan memperoleh pelayanan publik yang baik. Dengan begitu akan meningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Saya meminta seluruh OPD dapat terus meningkatkan kinerjanya dari tahun ketahun agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah dengan pelayanan publik yang baik yang kita berikan,” ujarnya.

Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu berpesan agar pelayanan prima kepada masyarakat dapat terus dijaga. Selain itu inovasi pelayanan publik dapat terus dilakukan. Apalagi diera digital saat ini. Pelayanan yang mudah dan cepat harus dapat disajikan kepada masyarakat. Menurutnya penerapan pelayanan digital menjadi jawaban akan pelayanan publik yang prima.

“Pelayanan digital sudah menjadi tuntutan masyarakat yang harus diwujudkan saat ini, bila pelayanan secara digital itu diterapkan, maka zona integritas WBK-WBBM akan mudah diraih,”ujarnya.

Sementara itu peraih peringkat pertama penghargaan kinerja perangkat daerah tahun 2023 kategori dinas/badan diraih oleh Badan Pengelolaan Pajak Daerah. Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan peringkat ketiga diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Untuk kategori kecamatan, peringkat pertama penghargaan kinerja perangkat daerah tahun 2023 diberikan kepada Kecamatan Sukodono, peringkat kedua Kecamatan Taman dan peringkat ketiga Kecamatan Sidoarjo.

Untuk penghargaan Sakip 2023, peringkat pertama diberikan kepada RSUD Sidoarjo, peringkat kedua diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan peringkat ketiga diberikan kepada Inspektorat.

Dalam kesempatan itu Bupati Sidoarjo juga memberikan apresiasi kepada OPD yang nilai Sakip nya naik predikat A. Apresiasi itu diberikan kepada Dinas Perhubungan, Kecamatan Gedangan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Sidoarjo (P3AKB).

Untuk penghargaan pelayanan publik kategori role model pelayanan publik nasional diberikan kepada RSUD Sidoarjo sebagai peringkat pertama. Sedangkan peringkat kedua diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, peringkat ketiga diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Untuk penghargaan pelayanan publik kategori perangkat daerah teknis, peringkat pertama diberikan kepada Dinas Kesehatan, peringkat Kedua diberikan kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, peringkat ketiga diberikan Dinas Sosial.

Sedangkan penghargaan pelayanan publik kategori perangkat daerah penunjang, peringkat pertama diberikan kepada Badan Pengelolaan Pajak Daerah, peringkat kedua diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), peringkat ketiga diberikan kepada Sekretariat Daerah.

Untuk penghargaan pelayanan publik kategori kecamatan diberikan kepada Kecamatan Taman sebagai peringkat pertama, peringkat kedua diraih Kecamatan Sukodono dan peringkat ketiga diraih oleh Kecamatan Tulangan.

Sedangkan untuk penghargaan pelayanan publik kategori Puskesmas, peringkat pertama diberikan kepada Puskesmas Porong, peringkat kedua Puskesmas Taman dan peringkat ketiga diberikan kepada Puskesmas Trosobo.

Untuk penghargaan pelayanan publik kategori kelurahan diberikan kepada Kelurahan Sepanjang sebagai peringkat pertama, Kelurahan Bulusidokare sebagai peringkat kedua dan Kelurahan Taman sebagai peringkat ketiga.

Dan untuk penghargaan pelayanan publik kategori BUMD diberikan kepada BPR Delta Artha. Penghargaan yang terakhir yakni penghargaan penilaian Survey Kepuasan Masyarakat, terbaik pertama diberikan kepada RSUD Sidoarjo, terbaik kedua diberikan kepada Puskesmas Gedangan, terbaik ketiga diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah. (Met/Bas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here