Buruan Daftar! Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Mulai Cair ke Rekening Penerima di Bulan Oktober

0
265

Jakarta, IP.News – Program Bantuan UMKM Rp2,4 juta bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diperpanjang hingga kuartal pertama tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto usai rapat dengan Presiden Joko Widodo pada 7 September 2020.

Menurut Menko Perekonomian, program bantuan UMKM ini akan disalurkan pada bulan Oktober bagi para pelaku usaha yang lolos dan melengkapi persyaratan.

Penerima yang lolos dalam program bantuan UMKM ini nantinya akan mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur.

Setelah menerima pesan singkat (SMS), penerima bantuan UMKM harus melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan, agar dapat segera mencairkan dana dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta.

Jika penerima bantuan tidak dilakukan pencairan atau konfirmasi, maka pihak perbankan harus mengembalikan dananya kembali ke pemerintah.

Bagi pelaku usaha yang tidak memiliki rekening, maka akan dibuatkan rekening baru pada saat pencairan oleh bank penyalur (Bank BRI, BNI, dan Syariah Mandiri).

Program Banpres Produktif ini merupakan program Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang bertujuan untuk membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, pendaftaran program bantuan UMKM Rp2,4 juta ini hanya sampai September 2020. Namun untuk memulihkan terus usaha-usaha mikro yang terdampak Covid-19, maka pemerintah memperpanjang program bantuan ini hingga 2021.

Bantuan UMKM ini berhak didapatkan oleh WNI, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki usaha mikro, bukan ASN/TNI/Polri maupun pegawai BUMN/BUMD, tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau KUR.

Sementara itu, bagi pelaku usaha yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Para pelaku usaha mikro yang ingin mengakses program Banpres Produktif ini harus diusulkan oleh pengusul di antaranya,

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum

3. Kementerian atau lembaga, dan

4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan oleh calon penerima Bantuan UMKM. Perlu diingat, lengkapi syarat-syarat yang sudah diberikan agar dapat Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta ini.

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Nama Lengkap

3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
. Bidang Usaha

4. Nomor Telepon

Bantuan bagi para pelaku UMKM hanya diberikan satu kali saja yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing pengusaha.

Pendaftaran untuk mendapatkan bantuan UMKM ini awalnya dapat dilakukan secara online melalui laman https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/. Namun karena situs tersebut akhir-akhir ini tidak bisa diakses, maka munculah alternatif baru dalam mekanisme pendaftarannya.

1. Pelaku usaha mesti mendatangi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM ) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing.

2. Untuk memudahkan proses verifikasi, pendaftar diharap untuk memberikan informasi tentang kondisi usaha secara spesifik.

3. Kemudian, nantinya Kementerian Koperasi akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here