CSR PT. BMKU Dukung Program STBM di Dusun Nyangkring, Desa Baujeng, Kecamatan Beji

0
1456
Nur Hayati (berjibab merah) perwakilan PT. BMKU sedang foto bersama warga Dusun Nyangkring dan Anggota TNI yang melaksanakan program STBM.

Pasuruan, IP.News – “Program STBM (Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat) ini tak akan mungkin berjalan jika tanpa dukungan dari berbagai pihak. Seperti halnya yang dilakukan oleh CSR PT. BMKU (Barokah Mitra Karya Unggul) yang memprakarsai pembangunan pembuatan WC di Dusun Nyangkring, Desa Baujeng, Kecamatan Beji yang merupakan dusun yang terletak di ring satu perusahaan”

Sejumlah elemen di Kabupaten Pasuruan berkolaborasi dalam melaksanakan Gerakan Terpadu Ayo Gawe WC, yang digawangi oleh Forum Kabupaten Pasuruan Sehat (FKPS).
“Gerakan ini dalam rangka untuk mempercepat status desa menjadi desa Open Defication Free (odf), yaitu sebuah desa yang penduduknya tidak lagi buang air sembarangan (BAB),” ujar Ketua FKPS, Muslim Mustajab kepada Kabarpas.com, Minggu (21/05/2017) lalu.

Dijelaskan, Kabupaten Pasuruan menempati urutan ketiga dari bawah di Propinsi Jawa Timur, terkait akses dan kepemilikan jamban sehat keluarga.

“Oleh karena itu, melalui Forum Kabupten Pasuruan Sehat dicanangkan Gerdu Ayo Gawe Wc. Gerakan ini mendapat dukungan dari bapak Bupati Irsyad Yusuf baik kebijakan dan penganggaran melalui APBD. Target desa ODF di Kabupaten Pasuruan di tahun 2018 50% desa harus menjadi desa ODF,” terangnya

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa untuk mewujudkan percepatan desa ODf dibutuhkan kerjasama para pihak agar capaian desa ODF bisa terwujud di Kabupaten Pasuruan. Dan menurutnya, demi mewujudkan lingkungan yang sehat dengan kualitas air bersih dan layak konsumsi, salah satu jalan yang dilakukan adalah dengan membangun sanitasi yang benar.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat sudah mulai sadar dan berkomitmen untuk hidup sehat dan bersih. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Pasuruan sangat antusias dan semangat untuk mengembangkan program STBM (Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat) serta menunjang program STBM Unniversal Acces 2019 100-0-100.

“Program STBM ini tak akan mungkin berjalan jika tanpa dukungan dari berbagai pihak. Seperti halnya yang dilakukan oleh CSR PT. BMKU (Barokah Mitra Karya Unggul) yang memprakarsai pembangunan pembuatan WC di Dusun Nyangkring, Desa Baujeng, Kecamatan Beji yang merupakan dusun yang terletak di ring satu perusahaan,” tandasnya.

Di tempat tersebut ada 20 KK yang menjadi sasaran pembangunan ini. Dan hingga saat ini telah terbangun 10 WC dari 20 KK. Pembangunan WC ini didukung oleh Pihak pemerintah yang diwakili oleh Endah selaku Kasi Promkes (Promosi Keaehatan dan Pemberdayaan Masyarakat) Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan.

Dalam acara yang digelar beberapa waktu lalu itu, juga dihadiri oleh Tim Forum Kabupaten Pasuruan Sehat yang ikut bekerja membantu tim TNI Angkatan Darat Yonkav 8 Tank Beji.

Sementara yang bermitra dalam kegiatan ini adalah WUSAN (Wira Usaha Sanitasi) dari Beji, Masyarakat, Perangkat Desa dan Koramil Beji pun tak lupa turut bahu membahu dalam kegiatan ini. (ded/gus)

Sumbrr : Kabarpas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here