Dandim 0828 Sampang Sebagai Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0
44
Dandim 0828 Sampang, Letkol Inf Czy Ari syarial, menjadi inspektur upacara yang di laksanakan di halaman kantor Bupati Sampang selasa (1/10/2019)

Sampang, IP.News – Pelaksanaan upacara hari kesaktian pancasila Dandim 0828 Sampang, Letkol Inf Czy Ari syarial, menjadi inspektur upacara yang di laksanakan di halaman kantor Bupati Sampang selasa (1/10/2019) dengan tema; “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.”

Pantuan Indonesia Pos, di lapangan pelaksanaan upacara ke saktian Pancasila di hadiri oleh Istri Bupati Sampang, Mimin Slamet Junaedi, Istri Wabup Feny Abdullah Hidayat, Plt. Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang, Dandim 0828 (Forkopimda), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para pelajar, anggota Kodim 0828, anggota Polres Sampang dan Satpol PP.

Semantara itu, Dandim 0828 Sampang, Letkol Inf Czy Ari syarial mengatakan, masyarakat perlu menghadirkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sila yang menyangkut keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dan persatuan Indonesia.

Dengan nilai-nilai dari pancasila ini harus kita tanamkan karena pancasila itu sebagai dasar ideologi kita, dengan kejadian tgl 30 september dan tanggal 1 oktober terbukti bahwa pancasila yg tidak bisa di tumbangkan maka dari itu kita harus pelihara, dan kita sebagai rakyat indonesia jadilah kita sebagai pancasilais karena dengan berpedoman pada nila- nilai pacasila ini pasti negara ini akan aman dan masyarakat akan menjadi makmur.

Serta cara yang paling mendasar untuk kita lakukan, untuk menjaga Pancasila justru dengan menghadirkan sila itu. Sila yang paling penting dihadirkan adalah, sila keadilan bagi seluruh takyat Indonesia dan persatuan Indonesia.

Menurutnya, bila hal tersebut dilaksanakan maka masyarakat tidak akan terbawa dalam ideologi lain selain Pancasila,” Ucap Dandim 0828.

Letkol Inf Czy Ari syarial mengharap agar seluruh komponen bangsa harus menjaga kemurnian Pancasila sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjaga nilai-nilai pancasila.

Sementara itu di tempat yang sama, Plt Sekretaris Daerah sampang, Yuliadi Setiawan mengatakan Memang saat ini bangsa kita agak terkikis dalam mengimpletasikan dan menerapkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu mari kita amalkan 5 Sila dalam Pancasila berikut 36 butirnya sebagai pedoman melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Plt Sekretaris Daerah sampang ini menambahkan, sebagai bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa. Maka sepatutnya harus bangga sebagai warga Indonesia, karena mempunyai dasar negara seperti Pancasila.

Yuliadi Setiawan juga menjelaskan bahwa Pancasila tidak hanya sebatas dihafalkan saja, kita harus tahu makna yang tergandung di dalamnya , dengan megamalkan pancasila jagankan keseluruhanya satu aja seperti ketuhanan yang maha Esa kita sudah takut melakukan kesalahan.

“ Terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sampang harus megamalkanya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan negara, maka saya yakin Sampang bisa mewujudkan misi visi sebagai Kabupaten yang hebat dan bermartabat,” Tutur Wawan, panggilan akrab Plt Sekretaris Daerah sampang tersebut. (Jum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here