Disdik Kab. Malang Gandeng Disdik Jatim Adakan Workshop Pendidikan keluarga Stunting

0
345
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menghadiri pembukaan Workshop Pendidikan keluarga Stunting di gedung serba guna Aula Panji Kepanjen – Malang.

Malang, IP.News – Dinas Pendidikan Kabupaten Malang bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur selenggarakan Workshop Pendidikan Keluarga Stunting. Bertempat di gedung serba guna Aula Panji kepanjen

Workshop tersebut, dengan materi Strategi Penanggulangan Stunting di Kabupaten Malang Melalui Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), adapun narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Propensi Jawa Timur ,Evi Kurniawati, M.Kes

Dalam paparannya Evi kurbiawati menyampaikan Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita karena kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. “ Stunting mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak,Stunting mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Anak stunting juga memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya “ Paparnya.

Kegiatan ini di ikuti oleh organisasi mitra Himpaudi, perwakilan Ormit IGTKI, perwakilan Ormit IGRA, perwakilan Forum PAUD Kabupaten Malang, TP PKK Kabupaten Malang, Pembina UKS f .

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan penurunan stunting harus dilakukan bersinergi dengan melibatkan beberapa kementerian, lembaga serta koordinasi pemerintah pusat dan daerah, dalam mengatasi stunting ini.

“ Kabupaten Malang perlu adanya koordinasi lintas sektor seperti dispendik, dinkes, BKKBN dan SKPD lain untuk ikut menentukan langkah-langkah harmonis antar SKPD dalam penenganan stunting yang menjadi prioritas utama tahap ini “. Kata Wahib.

Lebih lanjut Wahib menegaskan Koordinasi ini diharapkan mempercepat dalam pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan stunting.tujuan utamanya tetap satu untuk mempercepat mengatasi stunting di Kabupaten Malang.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Suwandi menambahkan kegiatan ini merupakan sinergi Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten malang dengan memberikan Edukasi Untuk mencegah stunting

Program ini dalam rangka ikut melaksananakan Provinsi Nawa Bhakti Satya yang ketiga yakni Jatim sehat dan cerdas dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan serta kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional. (rick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here