Dosen Unusa Berbagi Ilmu di SDN 2 Pandanpancur Lamongan

0
210

Lamongan, IP.News – Pada Sabtu (3/6/2023), Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Nahdlatul Ulama berbagi ilmu dengan para guru Sekolah Dasar Negeri (SDN 2), Pandanpancur, kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan.

Ketua Tim, Dr. Drs. Djuwari, M.Hum, dengan anggotanya Dr. Muhammad Syaikhon, Tiyas Saputri, M.Pd., Berda Asmara, M.Ed., dan Jauharal Husnul, M.Pd., serta dua mahasiswa/si Much. Ma’ruf dan Husnia Mubarok. Mereka datang dan disambut hangat oleh Kepala Sekolah SDN2 Pandanpancur, Widyaningsih, S.Pd.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Sekolah SDN2 Pandanpancur. “ Selamat datang tim dosen dari Unusa Surabaya.

Kami ucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya dalam rangka pelatihan penulisan karya ilmiah dengan Artificial Intelligence (AI).

Semoga hasil lokakarya ini menjadi ilmu dan keterampilan yang bermanfaat.” Ujar Widyaningsih, Kepala Sekolah SDN-2 Pandanpancur, dalam sambutanya.

Isi materi lokakarya (workshop) ini tertakit cara menulis artikel ilmiah popular. Ada dua jenis, artikel popule semi formal yang dimuat di majalah majalah resmi kampus atau sekolah.

Kedua adalah ilmiah popular informal. Ini berupa ide ide atau gagasan yang ditulis di blog, media sosial dan beberapa majalah sekolah berupa blog atau website sekolah.

Materi disampaikan oleh Djuwari, Dosen Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Dia didampingi oleh dua mahasiswa/si, Much. Ma’ruf dan Husnia Mubarok.

Ada beberapa poin dalam praktik menulis. Pertama, peserta diharapkan banyak membaca berbagai sumber informasi termasuk media sosial selain Koran dan buku-buku.

“Lebih baik menulis masalah sesuai bidangnya atau yang dikuasai agar jalannya menulis bisa lancar.” Saran Djuwari di sela-sela pelatihan.

Selain teknik menulis, Djuwari juga memberikan teknik memanfaatkan ChatGPT dalam mempraktikkan penulisan karya ilmiah popular.

Pelatihan ini merupakan kegiatan pertama kali di SDN 2 Pandanpancur. Namun, kegiatan yang bermanfaat ini diharapkan juga berlangsung di tahun berikutnya (Bas/Dj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here