DPC PABPDSI Audiensi Dengan DPRD Banyuwangi Guna Menyatukan Pemahaman

0
248

Banyuwangi, IP.News – Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (DPC PABPDSI) Kabupaten Banyuwangi, menggadakan Audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banyuwangi. Bertempat di Ruang Rapat Khusus DPRD Banyuwangi, Kamis (9/9/2021).

Setelah menggadakan audiensi dengan jajaran pengurus Kepala Desa se-Banyuwangi diantaranya; Asosiasi Kepala Desa (ASKAB), Perkumpulan Aparatur Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) dan Forum Silahturahmi Kepala Desa (FSKB) Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya PABPDSI menggadakan audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Banyuwangi.

PABPDSI lahir sebagai wadah Badan Permusyawaratan Desa se-Kabupaten Banyuwangi dari 25 Kecamatan dan 189 Desa bertujuan membangun sinergitas bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Mengemban amanat UU No. 6 Tahun 2014 dan Permendagri No. 110 Tahun 2016 PABPDSI Banyuwangi terus melangkah dan bekerja nyata untuk bersama-sama membangun desa demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam sambutanya Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, S.E menyampaikan, “Kami atas nama DPRD Banyuwangi menyambut baik dan mengapresiasi langkah PABPDSI atas sinergitas yang telah dijalin dengan DPRD Banyuwangi.Kami berharap agar jalinan komunikasi dan sinergitas dengan DPRD terus berkelanjutan, “kata Ketua DPRD Banyuwangi.

“PABPDSI adalah para pejuang yang ada di desa yang sudah terbentuk kepengurusannya di Banyuwangi beberapa bulan yang lalu. PABPDSI lahir untuk memberi pemahaman yang sama kepada seluruh BPD se-Kabupaten Banyuwangi dan bisa bersinergi dengan baik bersama pemerintahan desa untuk membangun dan memajukan desa. Membangun Banyuwangi kita mulai dari desa dan membangun desa kita mulai dari pemahaman yang sama tentang berdesa. PABPDSI nanti akan kita undang bilamana ada kaitanya dengan desa untuk memberikan masukan ,”imbuh I Made Cahyana Negara.

Ketua PABPDSI Kabupaten Banyuwangi, Misnadi, S.H,M.H mengatakan, “Tujuan PABPDSI Banyuwangi ingin menciptakan kondisi yang baik, mensinergikan antara BPD dengan Kepala Desa. Jangan sampai ada antara Kepala Desa dan BPD saling simpang- siur.Untuk itu perlu ada pemahaman yang sama dan sinergi yang baik antara BPD dan Kepala Desa. Bilamana BPD dan Kepala Desa kreatif akan ada inovasi – inovasi yang ada di desa untuk kemajuan desanya. PABPDSI juga akan memberikan pemyuluhan dan memberikan sosialisasi kepada semua BPD se-Banyuwangi tentang Perda yang ada,”kata Misnadi.

Eko Widianto Wakil Ketua 5 PABPDSI Provinsi Jawa Timur menyampaikan beberapa masukan kepada Ketua DPRD Banyuwangi. Pertama, PABPDSI Banyuwangi mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Banyuwangi sudah menjadikan BPD Banyuwangi diberikan Regulasi yang lebih baik. Untuk BPD melalui Perda No.2 Tahun 2017 dan Perbub No. 31 Tahun 2020 tentang pedoman pembentukan BPD. Serta Perbub No. 20 Tahun 2020 tentang penghasilan tetap dan tunjangan lainnya bagi Kades, Sekdes dan Perangkat Desa serta Tunjangan dan Operasional BPD. Kedua, mohon untuk insentif RT/RW ada perubahan dari 100 ribu bisa ditambah lagi biar lebih manusiawi. Karena RT/RW adalah ujung tombak pemerintahan yang ada di desa. Ketiga, untuk optimalisai serta berkeadilan, tunjangan dan operasional BPD yang ada perbedaan jauh antara BPD satu Kecamatan dengan Kecamatan yang lain. Agar yang tercantum di Perbub No. 20 Tahun 2020 yakni terkait prosentase tunjangan BPD yang besarannya untuk Ketua BPD 15% s/d 25% agar bisa dirubah menjadi 20% s/d 30% dari penghasilan tetap Kades.

“PABPDSI Banyuwangi juga sudah mengirim surat permohonan audiensi dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pada tanggal 2/9’2021 dan diterima oleh bagian Umum Pemkab Banyuwangi,”kata Supranggono Sekretaris PABPDSI.

Diharapkan setelah audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani segera memberikan balasan surat permohonan audiensi yang dikirim PABPDSI Banyuwangi. (irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here