Peningkatan Budaya Pencatatan pada Perkoperasian Paguyuban DeKaBe Jawa Timur

0
243
Oleh: Kadek Pranetha Prananjaya

Peningkatan Budaya Pencatatan pada Perkoperasian Paguyuban DeKaBe  Jawa Timur Melalui Sistem Informasi Akuntansi Perkoperasian

Koperasi merupakan salah satu organisasi yang berbadan hukum dan sudah sewajarnya menerapkan transparansi dan akuntanbilitas kepada anggotanya. Keberadaan koperasi, keterbatasan sumberdaya, keterbatasan sarana tidak mampu mengimbangi tuntutan anggota dan kemajuan teknologi. Pencatatan transaksi jarang dilakukan, tidak terstruktur, tidak terdokumentasi bahkan terlambat disampaikan. Kondisi ini dialami oleh koperasi paguyuban dekabe Jawa Timur yang berkedudukan di Surabaya.

Koperasi pagayuban dekabe Jawa Timur baru didirikan pada tahun 2017. Koperasi tersebut adalah koperasi yang anggotanya adalah karyawan Dekabe Jatim. Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh koperasi tersebut salah satunya adalah tata kelola koperasi yang berbasis teknologi. Pemanfaatan teknologi pada saat ini sangat penting guna menunjang tata Kelola koperasi yang baik misalnya terkait dengan pelaporan keuangan, SKHU dan simpan pinjam. Kegiatan pada koperasi tersebut yaitu adanya koperasi konsumen (penyediaan barang kebutuhan sehari-hari) dan Koperasi Simpan Pinjam.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Bpk. Kadek Pranetha Prananjaya berserta tim pelaksana dari STIE Perbanas Surabaya telah memberikan wacana baru, kebiasaan baru dan budaya pencatatan. Kemudahan proses pencatatan dimediasi oleh pengembangan sistem informasi akuntansi perkoperasian (SISFO APK) berbasis excell. Sistem yang dikembangkan ini walau tergolong sederhana, namun sudah disesuaikan dengan tingkat pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman yang dimiliki pengurus koperasi.

Ditengah kesibukkan pengurus selain sebagai pegawai perusahaan, masih memiliki semangat dan keinginan kuat menyajikan laporan pertanggungjawab. Tujuan laporan pertanggungjawab tersebut untuk menyampaikan kinerja dan keberlangsungan koperasi kepada anggota koperasi dan dinas terkait. Budaya pencatatan melalui SISFO APK ini mampu membantu mewujudkan keinginan pengurus dan anggota koperasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here