Enam Kali Pemkab Sidoarjo Raih WTP Dari Menteri Keuangan

0
35
Bupati Sidoarjo Saat Menerima Penghargaan WTP

Sidoarjo, IP.News – Berturut-turut Pemkab Sidoarjo menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pemerintah pusat. Penghargaan yang ke 6 kalinya itu diberikan atas keberhasilan Pemkab Sidoarjo dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 dengan opini WTP.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan menilai LKPD Pemkab Sidoarjo Tahun 2018 akuntabel.

Penghargaan ini diserahkan Wakil Menteri Keuangan RI, Prof Dr Mardiasmo kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (02/10/2019).

Penyerahan itu bersama 36 pemerintah daerah di Jatim yang mendapatkan penghargaan. Termasuk Pemerintah Propinsi Jatim.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menyampaikan, sangat bersyukur LKPD Pemkab Sidoarjo kembali memperoleh opini WTP.

“Sudah ke 6 kalinya penghargaan WTP diraih secara berturut-turut”, turturnya.

“Mulai LKPD Tahun 2013 sampai LKPD tahun 2018. Prestasi itu diraihnya sejak dirinya menjabat sebagai bupati”, imbuh Saiful Ilah.

“Kami berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan. Manajeman pengelolaan keuangan daerah diharapkan lebih baik lagi, jangan sampai merosot di tahun-tahun mendatang”, katanya.

Oleh karenanya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo diminta terus meningkatkan kinerjanya.

Pasalnya, kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah Sidoarjo dinyatakan tertinggi nasional.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan RI, Prof Dr Mardiasmo menegaskan, opini WTP menggambarkan kondisi LKPD yang transparan dan akuntabel.

Namun, pihaknya menilai hasil LKPD jarang dianalisis pemerintah daerah. Padahal hal itu dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan.

“Barangkali yang belum terlalu banyak (analisis LKPD) pemerintah daerah yang menggunakan laporan keuangan setelah diaudit BPK menjadi WTP,” tandasnya. (az)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here