FDS sudah diterapkan sejak lama, bahkan masuk 6 hari

0
594
Hj. Yuli Dwi Astuti,M.Pd kepala SMPN 1 Ponorogo

Ponorogo, IP.News – Penerapan Full Day School (FDS) yang sering ditakutkan oleh banyak kalangan sebenarnya sudah lama diterapkan oleh lembaga pendidikan. Khususnya lembaga pendidikan favorite di berbagai kota.

Dijelaskan oleh Hj. Yuli Dwi Astuti,M.Pd kepala SMPN 1 Ponorogo secara konsep istilah FDS adalah piloting Program Pendidikan Karakter. Dimana bila ditandai dengan jam belajarnya di sekolah berlaku lebih dari 8 jam. Dengan muatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. ” Kita sudah lama menerapkan masuk jam 06.30 dan pulang jam 15.00 sedangkan untuk sabtu sampai jam 10.40 siang dan sebagian besar sekolah favorite sudah melakukan hal demikian.” ungkapnya.

Dirinya menilai istilah Program Pendidikan Karakter (PPK) sendiri di laksanakan berdasar pada latar belakang kegelisahan akan mental pendidikan yang semakin merosot. Dimana harus banyak pihak terlibat secara real dalam pendidikan anak. dengan menekankan pada 5 aspek. Yaitu. religius, mandiri, nasionalis, gotong royong dan integritas.

Apabila diterapkan dalam pembelajaran indikasi yang secara kasat mata dilihat ada pembiasaan salam, gotong royong, suka menolong, bersikap jujur, sopan santun beretika dan tata krama.

Hj. Yuli menambahkan sebenarnya pendalaman pada pendidikan karakter adalah keterlibatan semua unsur baik sekolah, keluarga dan lingkungan dalam mendukung suksesnya karakter siswa.” Bila lima hari masuk maka yang dua hari ada keterlibatan langsung anak anak dalam kegiatan keluarga maupun kegiatan lingkungan. Mereka bisa menyatu memberikan pendidikan aplikatif untuk bersosialisasi belajar dalam segala aspek baik di rumah maupun di lingkungan.” jelasnya

Sedangkan keberadaan madrasah diniyah yang ditakutkan tidak kebagian jam juga sudah diakomodir dengan kerjasama pihak sekolah dengan menggandeng para ustadz madin. Bisa juga kerjasama dengan madrasah secara kelembagaan.

Hj. Yuli menjelaskan untuk SMPN 1 Ponorogo secara konsep menerapkan FDS sejak dicanangkannya Piloting program pendidikan karakter pada tahun ajaran 2016/2017. Tetapi untuk jam masuknya sama seperti FDS tetapi sabtu juga tetap masuk. ” jadi sudah banyak dan dalam waktu yang lama FDS versi yang 6 hari masuk diterapkan dan tidak ada masalah” jelasnya. (JU/RIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here