Festival Anak Yatim Banyuwangi Gelar Parenting Orang Tua Asuh

0
523

Banyuwangi.IP.News – Event tahunan “Festival Anak Yatim (FAY)” Penkab Banyuwangi 25-26 Juli 2023.Kegiatan tersebut diawali dengan menggelar kelas parenting untuk membangun “bonding” yang baik antara anak-anak yatim dengan para pengasuhnya.

“Ilmu parenting itu penting.Setiao orang tua harus memahami pola asuh yang baik untuk putra putrinya.Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan layak dan memiliki karakter yang baik,”kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka kegiatan tersebut di Banyuwangi,Selasa (25/7/2023).

Ipuk menambahkan,keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak-anak.Apa yang dilihat dan dialami anak di dalam keluarga akan mempengaruhi kepribadian mereka saat dewasa.Oleh karenanya,Ipuk berpesan agar para orang tua membangun bonding (hubungan emosional) yang kuat dengan anak-anak.Sehingga anak merasa dicintai,nyaman dan aman bersama orang tua.

“Hubungan emosional yang erat ini sangat penting untuk membangun rasa percaya diri anak sejak dini.Anak yang menerima kasih sayan orang tua akan tumbuh dengan rasa sayang yang besar untuk lingkungan sekitarnya.Mereka juga akan tumbuh bahagia,”kata Ipuk.

Kelas parenting tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari para orang tua asuh dan anak-anak yatim.Kegiatan ini menghadirkan psikologi Betty Kumala sebagai narasumber.

Kepala Bagian Kesejahteraan MasyarakatPemjab Banyuwangi,Yusdi Irawan mengatakan Festival Anak Yatim 2023 dilaksanakan dua hari,25-26 Juli.Festival ini rutin digelar setiap tahun di Kabupaten Banyuwangi sejak 2012.

Dalam setiap gelarannya ribuan Anak Yatim berkumpul di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan.Mereka diajak bermain aneka permainan anak dan menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan di lokasi.

“Festival ini bertujuan untuk membahagiakan abak-anak yatim.Selaun kelas parenting saat puncak acara (Rabu,26/7/2023) juga disiapkan berbagai fasilitas agar mereka bisa menikmati kebahagiaan seperti yang dirasakan anak-anak lain yang masih memiliki orang tua,”kata Yusdi.

Fay juga dimeriahkan dengan sejumlah agenda lainnya.Seperti kelas pengembangan diri,dan dipuncaki dengan santunan kepada 1.445 anak yatim yang dilaksanakan serentak diseluruh kecamatan se-Banyuwangi. (hms/Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here