Jembatan Kali Glidik Rampung Dikerjakan, Jalur Lumajang – Malang Kembali Normal

0
88

Lumajang, IP.News – Jembatan penghubung Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang yang putus diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru pada 7 Juli 2023 lalu, kini telah selesai dikerjakan.

Hal itu disampaikan oleh David Rachmat Prabowo, selaku PPK Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur–Bali, Kementrian PUPR, usai menggelar rakor persiapan pembukaan Jembatan Glidik 2, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo Lumajang, bersama sejumlah perwakilan dari Satlantas, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Lumajang dan Malang, Rabu (1/11/2023).

“Alhamdullilah proses pembangunan Jembatan Kali Glidik 2 sudah mencapai 99,99 persen. Sehingga hanya menyisakan pekerjaan minor-minor seperti pengecatan ulang sedikit dan beberapa pengecoran di bahu jalan,” ujar David kepada wartawan, Rabu (1/11/2023).

“Jembata Glidik 2 ini menggunakan rangka baja kelas 2a, dengan panjang bentang 45 meter, lebar jembatan sembilan meter sendiri dan lebar aspal delapan meter. Sedangkan tinggi jembatan masing-masing sisi ditambah 3,5 meter, untuk menghindari terjangan aliran lahar semeru selanjutnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, jembatan akan dibuka secepatnya jika proses pengerjaan minor seperti pengecatan ulang dan pengecoran bahu jalan serta pembuatan marka jalan selesai dikerjakan.

“Rencanannya, Rabu sore ini atau paling lambat Kamis pagi besok, jembatan bisa dilalui masyarakat, baik yang dari arah Lumajang maupun dari Malang. Semoga bisa selesai secepatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, rencana pembukaan Jembatan Glidik 2 ini langsung disambut baik oleh warga. Sebab, selama ini mereka harus melalui jalur alternatif yang cukup berbahaya akibat jalan menanjak dan licin. Bahkan, mereka juga harus melalui jalur Probolinggo jika hendak ke Malang atau ke Lumajang. (Santi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here