Kabupaten Sidoarjo Kirim 3 KIM Ke Jatim Kominfo Festival

0
41
Wagub Jatim bersama perwakilan ketiga KIM dari Sidoarjo

Sidoarj, IP.News – Jatim Kominfo Festival (JKF) Pekan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Ke X Tahun 2019, yang dipusatkan di GOR Ki Mageti, Kabupaten Magetan dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Selasa (1/10/201).

Wakil Gubernur Emil berharap, melalui JKF Pekan KIM masyarakat bisa lebih melek lagi dengan perkembangan teknologi informasi.

Sebab, menurut mantan bupati Trenggalek tersebut, Pemprov Jatim saat ini memiliki program Jatim Cetar (cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan dan respon).

Dimana program ini merupakan sebuah layanan informasi yang bisa diakses masyarakat untuk mengontrol kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Pemprov Jatim.

“Melalui program Jatim Cetar masyarakat bisa menyampaikan keluhannya atau wadul, selain itu, pemprov ingin agar masyarakat bisa memberikan ekosistem yang positif dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media komunikasi dengan pemerintah di era digital”, ungkapnya.

Ada 44 stand pameran stand dari kab/kota di Jawa Timur. Diantaranya adalah stand milik Pemkab Sidoarjo yang sempat dikunjungi Wagub Emil Elestianto Dardak. Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi Informatika mengirim 3 KIM untuk mengikuti JKF 2019.

“Kita mengirim tiga Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), diantaranya KIM Melati dari desa Siwalanpanji Kec Buduran, KIM Warta dari Kec Taman dan KIM Online Sejahtera dari desa Kemiri kec Sidoarjo”, beber Evi Rupitasari, SH Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik.

Ketiga KIM dari Sidoarjo tersebut dijadwalkan akan mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh Diskominfo Jatim. Termasuk memamerkan produk hasil olahan sendiri, seperti olahan kerajinan tangan (handicraft) dan makanan ringan yang digelar di stand Pemkab Sidoarjo.

“Setiap kegiatan Pekan KIM berlangsung, pemkab Sidoarjo memfasilitasi KIM yang ada di Kab Sidoarjo untuk diikutkan, semata-mata untuk menambah wawasan dan jejaring antar KIM di Jawa Timur dan harapannya akan tumbuh lebih banyak lagi KIM di Kab Sidoarjo”,tuturnya.

JKF Pekan KIM ke X berlangsung selama empat hari mulai tanggal 1 – 4 Oktober. Berbagai rangkaian kegiatan sudah dijadwalkan, antara lain grand final LCCK KIM (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat), seminar literasi media, pameran teknologi informasi KIM, workshop internet sehat, sarasehan KIM, coaching clinic anti hoax, jambore KIM dan sosmed influencer, flash vlogging workshop & competition, kopi darat komunitas medsos, dan apresiasi seni komunitas medsos dan KIM. (az)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here