Kades Kalibaru Wetan Geram Atas Ulah Pendamping PKH

0
344
Rumah Sulastri, ketua PKH yang di pergunakan tempat untuk penyaluran bantuan sosial.

Banyuwangi, IP.News – Penyaluran bantuan sosial di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru menjadi sorotan publik. Sesuai petunjuk teknis dan.petunjuk pelaksanaan seperti yang tersirat dalam Permensos No. 20 tahun 2019 , bahwa pihak – pihak yang diperbolehkan menyaluran bantuan sosial diantara RPK, E – Warung, Kube, toko kelontong dan lainnya yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak Bank yang ditunjuk oleh pemerintah.

Pasalnya ada pihak-pihak yang disinyalir ikut campur tangan dalam penanganan penyaluran bantuan sosial khususnya BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) murni dan juga pemegang kartu PKH yang ada bantuan BPNT nya.

Permasalahaan terjadi di Desa Kalibaru Wetan, yang memicu keributan karena penyaluran bantuan sosial dilakukan oleh pendamping PKH, pada hal bukan tupoksi mereka.

Kepala Desa Kalibaru wetan, M .Taufik SH. saat ditemui ruang kerjanya menyampaikan merasa sangat kecewa kepada pihak pendamping PKH dan beberapa kelompok yang tetap saja menyalurkan bantuan sosial dengan dalih pemberdayaan, keluhnya.

“ Pihak yang diundang hadirkan diantaranya seluruh pendamping PKH sekecamatan Kalibaru, dan RPK Desa Kalibaru Wetan namun dari pihak pendamping PKH yang bersedia hadir dari pendamping 2 orang dari 8 pendamping yang di Kecamatan Kalibaru “ tandas M .Taufik SH.

Menurutnya Ketidak hadiran beberapa pendamping PKH membuat acara mediasi yang dilakukan oleh camat Kalibaru tidak membuahkan hasil, hal ini membuat kecewa camat Kalibaru.

Camat Kalibaru, Nuril Falah dalam kesempatan itu melakukan mediasi pihak-pihak yang berkompeten dalam penyaluran bantuan sosial di Kantor Kecamatan .

Penyaluran bantuan di Desa Kalibaru wetan tersebut mendapat sorotan LSM KOBRA (Komando Bersama Rakyat), wakil ketua LSM KOBRA Banyuwangi Drs. Nuratim saat ditemui di Sekretariatnya di jalan Jember 55 Cluring menegaskan para petugas lapangan yang melanggar aturan harus diberikan sanksi administrasi baik yang sifatnya teguran peringatan dan yang terberat pemberhentian secara tidak hormat. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here