Kades Setail Ajak Masyarkatnya Untuk Tingkatkan Masalah Kesehatan.

0
1120
Kepala Desa Setail Drs. Saifudin, M.Pdi ( nomor dua dari kiri) saat memberikan kata sambutannya dalam acara MMD.

Banyuwangi, IP.News – Guna meningkatkan kwalitas generasi muda di masa depan, Kepala Desa Setail Drs Saifudin M Pdi mengajak seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait untuk ikut berpartisipasi menyukseskan progam yang sangat mulia ini yakni yang menyangkut kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Setail pada hari Kamis (11/10/ 2018) dengan dihadiri oleh Perangkat Desa Setail , Tokoh Masyarakat, ibu-ibu PKK serta dari instansi kesehatan dari Puskesmas Genteng Kulon di dukung Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.

Ada 8 program yang menjadi pokok bahasan dalam MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yaitu jambanisasi, fisik rumah, masalah merokok di dalam rumah, timbang BB.

Sebelum membuka acara MMD tersebut , Kades Setail Drs. Saifudin M.Pdi dalam pidatonya menyampaikan bahwa dirinya sebagai Kepala Desa telah mengoptimalkan progam yang ada di Desa, seperti dalam penanganan bedah rumah tahun 2018 ini telah melaksanakan sebanyak 10 unit.

“ program yang telah terealisasi sebesar 92, 9%, sedangkan pembanunan jamban sebesar 92,5 %, dan antisipasi perokok dalam rumah sebesar 54 % “. Tandasnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Setail menanbahkan agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, guna menemukan titik temu dalam. “ Penanganan kesehatan yang di Desanya “. Tutur Saifudin..

Ketika dikonfirmasi terkait misi kegiatan MMD yang ada di Desanya, Saifudin mengatakan misinya adakah menginventarisasi gizi anak balita sejak masih ada dalam kandungan ibunya hingga anak usia 2 tahun.

Yang kedua adalah ibu yang mengandung / hamil yang harus mendapatkan perhatian kusus tentang kesehatan dan gizinya.

Hal ini dilakukan agar kelak ibunya saat melahirkan bayinya dalam kondisi sehat ,dan bayi yang dilahirkanpun kondisinya sehat atau lahir dalam keadaan normal.

Tidak kalah penting dalam kesehatan khususnya perkembangan balita pada masalah asap rokok yang ada didalam rumah.

Sekitar 54 % warga Desa Setail mengosumsi rokok atau dapat dibilang perokok aktif, oleh karena itu mengurangi hal itu pihaknya akan menggandeng pemuda khususnya Karang Taruna Desa untuk mengampanyekan bahaya rokok

“ Dengan melibatkan dan atas dukungan dari tokoh tokoh pemuda INSA ALLAH progam ini akan berjalan lancar “. Tambah Saifudin.

Selain itu pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat serta pemasangan pamlet di tempat-tempat umum maupun rumah-rumah warga yang berisikan himbauan agar tidak merokok di dalam rumah.

“ Kesuksesan progam ini merupakan kesuksesan bersama yang akan dinikmati bersama, dan akan menjadikan Desa Setail yang terbebas dari asap rokok “. Tegas Saifudin mengakhiri pembicaraan. (nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here