Lomba Gerak Jalan dan Karnaval Warnai Perayaan Kemerdekaan Ke-78 di Desa Banjarjo

0
240

Kediri, IP.News – Desa Banjarjo Kecamatan Ngadiluwi Kabupaten Kediri turut berpartisipasi dalam semarak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 melalui ajang Lomba Gerak dan Karnaval.

Acara yang diadakan pada hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2023, ini menjadi momentum penting bagi seluruh masyarakat untuk memupuk semangat nasionalisme dan kebersamaan.

Dengan rute sepanjang Desa Banjarjo, lomba gerak jalan ini mempertemukan peserta dari berbagai Dusun, RT/RW dalam Desa Banjarjo. Para peserta tampil dengan semangat tinggi, membawa panji-panji kreatif yang menggambarkan semangat kemerdekaan.

Warga dari berbagai kelompok usia, mulai dari Remaja hingga Orang Tua, ikut ambil bagian dalam lomba ini, menunjukkan dukungan kuat terhadap peringatan kemerdekaan.

Salah satu panitia pelaksana, A. Choliq mengungkapkan, “Partisipasi dalam lomba gerak jalan ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga bagian dari upaya kami untuk memupuk rasa cinta tanah air. Melalui kreativitas dan semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh seluruh peserta, kami ingin semua berkontribusi dalam perayaan 17 Agustus yang berarti.”

Peserta lomba berjalan melewati rute yang melintasi jalan-jalan utama, sambil menyampaikan semangat kemerdekaan melalui yel-yel dan lagu-lagu patriotik. Para penonton yang memadati pinggir jalan pun turut memberikan semangat kepada peserta dengan sorak-sorai dan tepuk tangan.

Tidak hanya menjadi ajang kompetisi, lomba gerak jalan ini juga dianggap sebagai kesempatan untuk mempererat silaturahmi antara dusun,RT/RW yang satu dengan Dusun, RT/RW lainnya. Beberapa warga menyatakan bahwa mereka senang dapat bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat dari desa-desa lain, sehingga semangat kebersamaan semakin terjalin erat.

Selain peserta lomba, perayaan 17 Agustus di Desa Bjarjarjo juga diramaikan dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti Bazar, Senam pagi indonesia, dan hiburan kuda lumping panji Laras, kibox sing/tinju sasana panji Laras dan orkes dangdut duet panji laras. Semua kegiatan ini memberikan warna dan makna lebih dalam peringatan Hari Kemerdekaan.

Kepala Desa Banjarjo, Jaelani menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap semangat warga Desa dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan. “Semua kegiatan ini mencerminkan semangat persatuan dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat kita. Mari kita terus lestarikan semangat ini demi masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Partisipasi Desa Banjarjo dalam Lomba Gerak Jalan se-Kecamatan Bua menegaskan komitmen mereka untuk merayakan dan menghargai perjuangan para pahlawan, serta untuk terus memupuk semangat kebangsaan dalam bingkai keragaman dan persatuan. (Mohammad Sholikin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here