May Day, 20 Ribu Buruh Gelar Aksi di Surabaya

0
148

Surabaya, IP.News – Sekitar 20 ribu buruh akan memperingati May Day di Surabaya, besok Senin, 1 Mei 2023. Aksi akan dipusatkan di Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan.

Unjuk rasa longmarch dari Jalan Embong Malang menuju ke titik kumpul utama di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Sebelumnya, massa buruh akan berkumpul di Bundaran Waru.

Wakil Sekertaris DPW FSPMI Jawa Timur Nuruddin Hidayat mengatakan, puluhan ribu buruh dari beberapa wilayah di Jawa Timur akan turun aksi.

“kurang lebih 20 ribu buruh yang dipusatkan di kantor Gubernur,” ungkap Nuruddin di tempat demo, senin (01/05/2023)

Nuruddin menyampaikan, massa buruh yang turun aksi berasal dari Surabaya, Pasuruan, Lamongan, Jember, Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Malang, dan Jombang.

Dalam peringatan May Day hari ini, Nuruddin menegaskan ada enam tuntuntan terkait isu nasional yang akan disuarakan. Salah satunya yakni pencabutan Omnibus Law.

“Cabut Omnimbus Law, Undang-undang Cipta Kerja, Sahkan RUU PPRT (perlindungan pekerja rumah tangga), Tolak RUU Omnimbus Law kesehatan, reformasi agraria, dan kedaulatan pangan,” tambahnya.

Selain itu, mereka juga menyuarakan agar pengawas Dinasker Jatim menindaklanjuti laporan Posko pengaduan THR buruh Jawa Timur.

“Kami menuntut kepada setiap pengusaha yang tidak membayar THR buruhnya diberi sanksi, hingga pembekuan kegiatan usaha,” ungkap Nuruddin.

Buruh juga mendukung upaya KPK dalam melakukan upaya bersih-bersih prilaku korupsi pejabat di Jawa Timur.(cakBas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here