Nilai Pancasila Sebagai Fondasi Utama Dalam Membangun Keharmonisan Bangsa Dan Negara

0
26

Lumajang, IP.News : Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menyampaikan pesan melalui pidato tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi, pada Upacara Hari Lahir Pancasila, di Alun-alun Lumajang, Sabtu (1/6/2024).

Pesan tersebut menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi utama dalam membangun kesatuan dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

Pancasila harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang tidak hanya berbicara, tetapi juga dirasakan dan memberi manfaat bagi setiap warga Indonesia, ungkap Yuyun.

Selain menegaskan pentingnya semangat gotong royong dan kerja sama antarwarga, Yuyun juga menyoroti perlunya membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dirinya percaya bahwa fondasi Pancasila yang kuat merupakan kunci bagi kemajuan bangsa Indonesia. Dalam konteks ini, ia juga menggarisbawahi bahwa Pancasila bukan hanya sebuah ideologi yang diajarkan, tetapi juga harus dijalankan dalam setiap tindakan dan interaksi sehari-hari.

Yuyun menyadari bahwa tantangan global yang semakin kompleks membutuhkan pendekatan yang lebih holistik dalam membangun kesatuan dan keharmonisan dalam masyarakat. Oleh karena itu, membumikan nilai-nilai Pancasila tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga setiap individu dalam masyarakat.

Hanya dengan demikian, Indonesia dapat terus bersaing dan berkembang sebagai bangsa yang maju dan berdaya saing di dunia global, pungkasnya. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here