Normalisasi Sungai Rakinten Diharapkan Dapat Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian

0
346

Lumajang, IP. News – Sungai Rakinten Desa Tukum Kabupaten Lumajang dilakukan pengerukan untuk antisipasi terjadinya banjir dan memperlancar jaringan irigasi pertanian yang kini telah rampung.

Kepala Dusun Pandansari Desa Tukum Agus Wibowo menyampaikan pengerukan sendimen/lumpur di Sungai Rakinten telah selesai, dan alirannya menjadi lancar dan sungai menjadi lebih bersih, dan debet air telah kembali normal, ketika dimintai keterangan disela kegiatannya Jumat (18/11/22 ).

Masih kata Agus, bahwa proses pengerjaanya dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT. PSDA) Lumajang, yang berlangsung mulai Senin (14/11/2022) lalu, dan prosesnya rampung Kamis (17/11/2022) kemarin.

Alhamdulillah, proses pembersihan sendimen atau lumpur di Sungai Rakinten telah rampung, karena hal ini sangatlah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Desa Tukum dan Denok.

” Mengingat, aliran DAM Rakinten banyak dimanfaatkan untuk mengelola lahan pertanian,” katanya.

Dirinya juga berharap, dengan dilakukan normalisasi Sungai Rakinten, maka debit airnya dapat kembali normal, sehingga para petani di Desa Tukum dan Denok dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. (N)


Kirim dari Fast Notepad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here