PABPDSI Beri Penyuluhan dan Pemahaman Tentang Perda BPD Sumbermulyo

0
306

Banyuwangi, IP.News – Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) terus melangkan bekerja untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman tentang Perda kepada anggota BPD desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Minggu (12/9/2021)

Pemahaman tentang tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Banyuwangi masih belum merata ke semua desa. Masih ada yang belum memahami apa itu Musdes dan Musrengbangdes. Padahal itu penting dipahami tentang Musdes yang menjadi ranah dan kewenangan BPD untuk melaksanakan Musdes. Permendes No. 16 Tahun 2019 mengatur tata cara tentang Musdes. Sedangkan Musrengbangdes menjadi ranah dan kewenangan Pemdes.

Dasar Musdes sebagaimana diatur dalam UU No. 6 Tahun 2014 pasal 54 Permendagri No. 114 Tahun 2014 pasal 31 dan 32, Permendes No. 16 Tahun 2019.Musdes dipimpin oleh Ketua BPD dan Sekretaris BPD sebagai Ketua Panitia.

Tujuan Musdes diatur dalam Permendagri No. 114 Tahun 2014 pasal 31 ayat 1,2 dan 3;
1.BPD menyelenggarakan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Desa.
2.Hasil Musdes sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa menyusun RKP Desa dan daftar usulsn RKP Desa.
3.Badan Permusyawaratan Desa menyelenggarakan Musdes sebagaimana dimaksud ayat (1) paling lambat bulan Juni tahun berjalan.

Permendagri No. 114 Tahun 2014 pasal 32 ayat 1 menyebutkan;
1.Musyawarah Desa sebagaimana di maksud dalam pasal 31 melasanakan kegiatan sebagai berikut:
a. Mencermati ulang dokumen RPJM Des.
b. Menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJM Des.
C. Membentuk Tim Verifikasi sesuai dengan jenis kegiatan dan keahlian yang dibutuhkan.

Supriyadi, S.H wakil Ketua PABPDSI Banyuwangi memaparkan tentang tugas dan fungsi BPD yang diatur dalam UU Mo. 6 Tahun 2014,Permendagri No. 110 Tahun 2016 dijabarkan dalam Perda No. 2 Tahun 2017 dan Perbub No. 31 Tahun 2020.

UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa sesuai pasal 55 dan Permendagri No. 110 Tahun 2016 pasal 31 tentang tugas Badan Pernusyawatan Desa menyebutkan bahwa, Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi;
a. membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa.
b. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa; dan
c. melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) terus bersinergi dan membangun hubungan yang harmonis kepada semua (stakeholder) pemangku kepentingan yang ada di Banyuwangi. “PABPDSI tidak memandang organisasi darimana. Yang terpenting mempunyai tujuan yang sama untuk membangun dan memajukan desa.,”kata Misnadi, S.H M.H Ketua PABPDSI Banyuwangi.

Ketua BPD Sumbermulyo menyambut baik dan merasa bangga atas penyuluhan dan pemahaman tentang Perda. “PABPDSI diharapkan terus melakukan penyuluhan dan pemahaman Perda BPD ke semua desa di Banyuwangi biar mempunyai pemahaman yang sama tugas dan Fungsi BPD. Kami sangat mengapresiasi langkah PABPDSI tang telah memberikan pencerahan kepada BPD Desa Sumbermulyo untuk membangun sinergitas dan hubungan yang baik antara BPD dan Pemdes,”tutur Hasyim Ali Spd, Ketua BPD Sumbermulyo. (irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here