Pelajar yang Berwawasan Global

0
3111


Tren perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tampak sangat cepat sekali secara global. Dengan kondisi seperti itu, pelajar dan mahasiwa di mana pun berada senantiasa terekspos pada perkembangan dunia pendidikan dan khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, perkembangan yang pesat itu tidak akan memberikan kita informasi apa pun jika kita setidaknya mampu berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris sudah mengglobal alis mendunia. Dengan eksistensi bahasa Inggris yang mendunia itu, maka pelajar dan mahasiswa juga dituntut menguasasi bahasa itu itu menjelajah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak dipungkiri adanya bahasa-bahasa asing lainnya yang juga sama pentingnya. Tetapi, siapa pun masih setuju tentang pendapat bahwa bahasa Ingris merupakan bahasa internasional pertama yang dipakai banyak orang di dunia ini.

Khusus perkembangan teknologi, maka dengan perkembangan teknologi informasi awalnya ditandai dengan komputer dan internet. Media ini sangat cepat membawa pelajar dan mahasiswa di dunia mana pun termasuk Indonesia menuju era global yang nyata. Ini artinya, bahwa dengan media komputer dan internet, semua pelajar dan mahasiswa bisa mengakses apa pun terkait dengan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Meskipun sudah ada terjemahan mislanya Google translation, tentu saja bagi pelajar dan mahasiswa yang sudah mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, mereka akan bisa lebih cepat mendapatkan akses. Intinya, semua pelajar dan mahasiswa dengan keterampilan berbahasa Ingrisnya bisa menjelajah dunia perkembangan teknologi dan pengetahuan melalui internet.

Dengan berbekal keterampilan bahasa Inggris dan memanfaatkan komputer dan internet, maka pelajar dan mahasiswa sudah dipastikan secara otomatis berwawasan global. Ini karena mereka bisa mempergunakan keterampilan komputer sesuai dengan fasilitas di dalam program komputer tersebut. Dalam kaitannya dengan bahasa Inggris, maka jika pelajar dan mahasiswa mengaitkannya dengan internet, maka mereka bisa brwosing berbagai referensi termasuk bidang yang mereka pelajari di sekolah atau di perguruan tinggi.

Dengan berwawasan global, maka mereka bisa memmelajari apa saja. Mereka tidak sekadar memelajari ilmu dan pengetahuan saja, namun mereka bisa memelajari budaya dan sisi lain bangsa di dunia. Ini adalah sebuah konsekuensi yang pada akhirnya pelajar dan mamahasiswa harus memelajari bahasa Inggris agar lebih banyak mendapatkan akses informasi.

Intinya, dengan berwawasan global, pelajar dan mahasiswa sudah bisa memanfaatkan kapasitas diri sendiri untuk belajar secara mandiri mencari ilmu dari berbagai referensi di dalam dunia maya. Banyak artikel dan bacaan bernilai pendidikan dan syarat dengan informasi tentang perkembanagn teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh semua pelajar dan mahasiswa.

Sekali lagi, sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris tentunya memegang peranan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya tiap-tiap individu dalam persaingan global. Karena sebaik apapun prestasi akademik seseorang di segala bidang, jika tidak dibarengi dengan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai, maka ia tak akan mampu bersaing di era global. Hal inilah yang menjadikan keterampilan berbasa Inggris sangatlah penting bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

Secara tidak langsung, masa depan mereka ditentukan oleh kemampuan berbahasa Inggris. Dengan demikian, kita tak ingin generasi penerus bangsa Indonesia yang cerdas dan kompeten kalah bersaing dengan bangsa lain. Kalah dalam persaingan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal yang sangat prihatin jika kekalahan itu hanya karena ketidak-mampuannya berbahasa Inggris.

Diharapkan agar semua pelajar dan mahasiswa tetap gigih memelajari bahasa Inggris untuk digunakan sebagai media mencari informasi. Tentunya informasi terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertama, kita mengakui bahwa sampai saat ini banyak bahasa asing, namun bahasa Inggris masih mendominasi dalam percaturan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selanjutnya, dengan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya bahasa internasional ini, maka kita berpikir positif untuk tetap memelajari guna menjelajah ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat akibat perkembangan informasi dan teknologi (IT).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here