Pemkot Madiun Lakukan Pembinaan Pedagang Kaki Lima

0
58

Madiun, IP.News — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melakukan pembinaan pedagang kaki lima (PKL) bertempat di hall room sun city Madiun, Rabu (29/01/2020) yang dihadiri oleh wali kota Drs. H. Maidi SH, MM, M.Pd

Dari Data Dinas Perdagangan Kota Madiun menyebut ada 1.385 PKL itu tersebar di 37 paguyuban PKL yang berada di alon – alon. RTH, Sunday Market dan jalan raya yang harus dilakukan Penataan PKL ini supaya wajah kota semakin indah dan menyediakan lapangan pekerjaan serta mendorong ekonomi rakyat.

Dalam acara itu, disajikan materi tentang sinergitas Kadin dan Pemerintah Kota Madiun diantaranya dalam melakukan pemberdayaan PKL, Kadin bersinergi dengan Pemerintah Kota (walikota) untuk dapat melakukan kerjasama atau kemitraan dengan dunia usaha melalui Corporate Sosial Responsibillity (CSR) dalam bentuk penataan tempat usaha PKL.

Selanjutnya dalam materi tersebut disampaikan peningkatan kemampuan berwirausaha yang tanggu dan mandiri melalui bimbingan, pelatihan dan bantuan permodalan bermitra dengan pihak swasta untuk branding PKL, centra supliyer satu pintu.

Juga disebutkan untuk membantu PKL mendapatkan Suplai barang kebutuhaan dengan secara rutin, diadakan workshop dan pelatihan membuat makanan dan minuman dengan standart kesehatan.

Di samping itu mewujudkan kota yang bersih, indah, tertib dan akan dengan sarana prasarana perkotaan yang memadahi dan berwawasan lingkungan. Pembentukan posko PKL dengan tujuan mudah untuk koordinasi Kadin dan Pemkot Madiun dalam membina PKL Melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi anggota PKL dalam waktu 24 jam.

Pembinaan PKL tersebut diikuti kurang lebih 200 PKL dari 37 Paguyuban yang tersebar di Kota Madiun. (am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here