Peras Kades, Oknum Anggota LSM Ditangkap Polisi

0
141

Tuban, IP.News – Petugas kepolisian dari Polsek Jenu, Polres Tuban telah melakukan penangkapan terhadap seorang pria yang mengaku sebagai anggota Lembaga Swadaya (LSM) melakukan pemerasan terhadap seorang Kepala Desa (Kades) yang ada di Kecamatan Jenu, Tuban hingga jutaan rupiah, Rabu (13/01/2021) kemarin.

Pria yang ditangkap polisi tersebut diketahui bernama Djoko Joewono (54), seorang residivis yang tinggal di Kelurahan Kebonsari Gang 1, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Kini pelaku sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan di Polsek Jenu, Polres Tuban untuk proses lebih lanjut.

Data yang dihimpun wartawan, penangkapan terhadap pria yang mengaku sebagai anggota LSM itu berawal saat petugas Polsek Jenu mendapatkan laporan dari masyarakat. Yang mana pelaku telah beberapa kali mendatangi korban dan yang pertama kali pelaku berniat mengantarkan proposal kepada korban.

“Kasus ini bermula saat pelaku ini mendatangi korban yang merupakan Kades (Kepala Desa) Mentoso. Awalnya pelaku ini datang bertiga dan mengajukan proposal kepada Kades,” terang AKP Rukimin, Kapolsek Jenu, Polres Tuban.

Setelah pertemuan pertama itu, pelaku yang dugaan pemerasan itu kemudian kembali menemui Kades dengan datang sendirian dan saat itu ia meminta uang kepada Kades dan diberikan uang sebesar Rp 1 juta. Saat pelaku dan korban bertemu di salah satu rumah makan yang ada di Tuban.

Selang beberapa waktu kemudian, Djoko Joewono yang telah mendapatkan uang Rp 1 juta itu kemudian kembali meminta uang kepada Kades Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban. Pelaku langsung meminta uang kepada Kades sebesar Rp 5 juta, jika tidak diberi pelaku modusnya mengancam akan membuka rahasia terkait jabatannya korban sebagai kades.

“Pertama kali pelaku ini datang bertiga untuk mengajukan proposal. Kemudian pada pertemuan kedua pelaku diberikan uang tunai Rp 1 juta, dan yang kedua pelaku minta Rp 5 juta diberikan dengan cara ditransfer,” sambungnya.

Kapolsek menambahkan bahwa, setelah diberikan uang sebesar Rp 5 juta dengan cara
ditransfer, pelaku kembali meminta uang dengan alasan yang tidak masuk akal. Merasa diperas hingga akhirnya kades melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian dan pelaku berhasil diamankan.

“Berdasarkan adanya laporan dari masyarakat itu pelaku berhasil kita tangkap tadi malam di rumahnya. Kasus ini masih kita dalami, diduga masih ada korban lain. Pelaku juga residivis di Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam penangkapan kasus dugaan pemerasan itu petugas kepolisian dari Polsek Jenu, Polres Tuban mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya satu unit mobil dengan Nopol S 1601 HQ yang biasa digunakan pelaku beroperasi, sejumlah ID Card dan juga sejumlah uang tunai dari pelaku tersebut.[mut/kun]

Sumbet : beritajatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here