Perkembangan Era digital terhadap kehidupan Masyarakat Indonesia

0
2678
Penulis : Anggun Pristiani Arfian (Jakarta)

Di jaman yang sekarang ini berbagai jenis teknologi di gital sudah tidah di ragukan lagi, karena sekarang mengalami perkembangan dan kemajuannya yang amat sangat pesat.

Perkembangan era digital sudah bisa kita lihat dan sudah banyak kita temui dari anak – anak remaja bahkan orang dewasa, mereka memiliki gaya hidup yang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi di gital, kitapun dapat melihat dari gadget yang merupakan bentuk dari kemajuan digital telah menjadi suatu kebiasaan jaman sekarang. Nah disini perkembangan Era di gital ini mempunyai 2 sudut cara pandang yang berbeda dalam kehidupan kita sehari – hari

Yang pertama adalah dari sisi negatif, negatifnya dari era digital yang perkembangannya sangat pesat dan luar biasa yaitu pada anak – anak, anak – anak yang seharusnya lebih sibuk bermain dengan teman sebayanya mereka harus di sibukkan dengan gadget yang mereka miliki, entah apa yang mereka buka dan lihat.

Mereka sudah mulai nyaman dengan adanya internet yang begitu canggih.
Remaja, akan merusak akal sehat mereka, emosi akan susaj di kontrol dengan baik, dapat menyebabkan menyendiri dan lebih tertutup.

Orang tua, dapat menyebabkan perselingkuhan karena kurang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan perkembangan era digital ini.

Padahal kita tau, bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain dan bersosialisasi dengan orang lain bukan generasi yang sibuk dengan gadgetnya atau generasi menunduk. Sehingga menjadi kurangnya komunikasi dua arah yang baik.

Namun, disini juga ada sisi positifnya dari perkembangan era di gital, kita dapat lebih mudah mengetahui berita- berita baik di luar negeri maupun di dalam negeri, kita pun dapat membuat komunitas positif dengan yang lainnya, salah satu contohnya saya, saya dapat bertemu dengan teman – teman yang awalnya tidak kenal satu sama lain, namun sekarang kita bisa terlibat untuk mengadaka suatu kegiatan sosial “gerakan peduli sahabat anak yatim” bagi saya ini manfaat yang saya alami dengan perkembangan era di gital ini.

Maka dari itu gunakan era di gital dengan cerdas dan bijak agar kita tidak menyalahgunakan dan tidak sia – sia kan waktu begitu saja.

Mari untuk kita atau pun orang tua awasi anak-anak harus tau dunianya jangan jadikan anak-anak takut pada kita atau musuh namjn jadikanlah mereka teman agar anak lebih nyaman ke kita dan lebih terbuka apa yang di kerjakan, di lihat dan di buka di gadget yang canggih.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here