Plt Bupati Nganjuk Dorong HIPKI Ikut Kontribusi Kurangi Pengangguran

0
42
Pelantikan DPC HIPKI Kabupaten Nganjuk oleh Ketua DPC HIPKI Provinsu Jawa Timur, Rabu 30/06/2021

NGANJUK,IP.News  – Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA menghadiri acara pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Kabupaten Nganjuk masa bhakti 2021-2025, Rabu (30/06/2021). Pada acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Nganjuk itu, Kang Marhaen menyampaikan dukungannya agar HIPKI semakin berkembang. Terutama, yang berada di tingkat cabang, atau di Kabupaten Nganjuk.

“Pemerintah daerah senantiasa serius dalam mendukung adanya lembaga DPC HIPKI di Kabupaten Nganjuk untuk terus berkembang dan terus maju. Pendidikan di masyarakat atau pendidikan non formal inilah yang menjadi harapan untuk kita semua. Banyaknya pelatihan dan kursus di Kabupaten Nganjuk ini bisa mengurangi nilai pengangguran di Kabupaten Nganjuk,” kata Kang Marhaen sambil menyebut dukungan tersebut tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20/2003, yang mana pelatihan dapat dilakukan di sekolah, rumah tangga maupun masyarakat umum.

Sebagai informasi, pelantikan tersebut dipimpin oleh Sunarko, S.Pd, STIMM selaku Ketua HIPKI Provinsi Jawa Timur. Turut hadir dan menyimak pelantikan, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. Serta perwakilan Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk.

Usai melantik, Sunarko mengatakan, ia mengajak seluruh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) untuk bersinergi dengan semua pihak guna membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Untuk itu, ia berpesan kepada pengelola LKP untuk harus mempunyai 5 PK.

“Pertama, peningkatan kualitas keluarga. Kedua, peningkatan dari layanan lembaga. Ketiga, performa organisasi yang harus ditingkatkan dalam rangka menjalin kemitraan. Keempat, pengabdian kepada masyarakat. Dan kelima peningkatan karakter kepemimpinan lembaga khusus yang religius dan keridhoan dari Allah SWT untuk mensukseskan kita semua,” tutur Sunarko.

DPC HIPKI Kabupaten Nganjuk sendiri adalah organisasi mitra pemerintah, yang menyelenggarakan program pelatihan maupun keterampilan kerja. Di dalam DPC HIPKI Kabupaten Nganjuk, terdapat beberapa lembaga pelatihan kerja, yang selama ini rutin bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan kemampuan atau keterampilan masyarakat. Sehingga, diharapkan masyarakat bisa berdaya atas keterampilan yang telah diberi oleh lembaga kurus atau keterampilan kerja. (ping)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here