Puluhan Jenazah Masih Menumpuk di RSUD Jombang, Keluarga Lelah Menunggu

0
117
Petugas mengangkat jenazah Covid-19 yang selesai ditangani di RSUD Jombang, Kamis (8/7/2021). (Foto: MNC Portal/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, IP.News – Puluhan jenazah masih menumpuk di RSUD Jombang, Jawa Timur. Hingga Kamis (8/7/2021), total ada 54 jenazh yang menunggu antrean pemulasaraan dan dikirim ke rumah duka.

Antrean jenazah menunggu pemulasaraan di RSUD Jombang sudah terjadi sejak Rabu (7/7/2021). Kondisi tersebut membuat petugas pemulasaraan jenazah rumah sakit kewalahan.

Pemkab Jombang kemudian mengirimkan petugas BPBD untuk membantu pemulasaraan jenazah yang sebagian besar meninggal akibat Covid-19.

Pantauan di lapangan, para petugas tampak sibuk memulasara jenazah dan membungkusnya rapat-rapat sebelum dimasukan ke dalam peti untuk dibawa ke mobil ambulans dan diantar ke rumah duka.

Petugas Kewalahan Keluarga jenazah, Yanto mengaku sebenarnya sudah kelelahan menunggu antrean penanganan jenazah keluarganya. “Sejak dari Rabu kemarin antri, sampai sekaarang belum diurus. Lelah juga nunggunya,” katanya.

Dia mengaku memahami lamanya proses pemulasaraan jenazah di RSUD Jombang karena banyaknya jenazah yang harus ditangani petugas. “Sore ini jenazah keluarga saya baru bisa ditangani,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Jombang, dr Puji Umbaran mengakui antrean jenazah tersebut benar terjadi di rumah sakit yang dipimpinnya.

“Penyebab kematian mereka beragam ya, ada yang karena Covid-19, ada yang suspect dan berbagai penyakit lainnya,” katanya.

Kepala BPBD Jombang, Abdul Wahab juga mengakui adanya antrean pemulasaraan jenazah di RSUD Jombang.

Menurut Abdul Wahab, BPBD telah menurunkan tim untuk membantu petugas RSUD Jombang menangani jenazah yang meninggal dunia tersebut agar penanganannya lebih cepat.

Dalam sehari, menurut dia, jumlah warga yang meninggal dunia memang cukup banyak rata-rata mencapai 25 orang. Wahab meminta masyarakat tidak menyalahkan rumah sakit karena sudah melakukan upaya maksimal untuk menangani jenazah-jenazah tersebut.

Wahab meminta masyarakat tidak menyalahkan rumah sakit karena sudah melakukan upaya maksimal untuk menangani jenazah-jenazah tersebut.

Sumber : iNews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here