Reaksi Kimia Bahan Fresh Powder, Pemicu Ledakan Mako Brimob

0
96

Surabaya, IP.News : Kabid Labfor Polda Jatim, Kombes Sodiq Pratama membeberkan hasil olah TKP di lokasi ledakan di Mako Brimob, Krembangan Surabaya.

Menurut Sodiq Labfor menemukan barang bukti bahan kimia florat dan belerang. Bahan-bahan itu indikasi bahan dari flash powder seperti bahan untuk mercon dan lain-lain.

“Setelah dilakukan pengecekan oksidatornya positif oksidator dan dari bahan-bahan tersebut,” ungkap Kombes Sodiq Pratama dalam konferensi pers di Mako Gegana, Senin (4/3/2024).

Dia menjelaskan ledakan dari bahan-bahan ini digolongkan kategori low explosive. Indikasi penyebab ledakan berasal dari reaksi kimia bahan fresh powder yang tersimpan. Ledakan kategori low explosive ini disebut sangat sensitif terhadap suhu dan tekanan.

“Justru low explosive itu sungguh sangat riskan atau sensitif terhadap berbagai gerakan, panas, tekanan. Kalau baik justru lebih aman, artinya tidak terlalu sensitif,” ujarnya.

Sodiq menyampaikan bahwa kerasnya daya ledakan itu diduga ditimbulkan karena ruangan yang tergolong kecil, dan ledakan yang terjadi beberapa kali, akibat rambatan bahan peledak atau disebut dektonasi.

“Jadi, sementara penyebabnya karena kondisinya lembab, lalu terkena paparan sinar matahari, sehingga terjadi reaksi kimia antara bahan-bahan peledak itu dan timbulah ledakan,” jelas Sodiq. (*)

sumber : rri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here