Satpol PP Kabupaten Kediri Tempati Kantor Baru

0
82

Kediri, IP,News – Satuan Polisi Pramong Praja memiliki tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Sub Pol PP dan Sub Kebakaran). Tugas tersebut tertuang dalam PERBUP Nomor 60 Tahun 2016 Kabupaten Kediri.

Saat ini Satpol PP Kabupaten Kediri, menempati kantor baru yang berada di wilayah Kecamatan Pagu, tepatnya di Jalan Totok Kerot – Pamenang. Kantor baru ini merupakan titik tengah wilayah Kabupaten Kediri. Ditemui Tim Kominfo (15/01), Plt. Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri Kaleb Untung Satrio Wicaksono menjelaskan, bahwa Satpol PP mempunyai 5 bidang, yaitu bidang trantib, bidang SDA, bidang linmas, bidang penegakan peraturan dan perundangan daerah, dan satu lagi bidang pemadam kebakaran. Dari luasnya bangunan yang ada, Satpol PP dan anggotanya hanya menempati beberapa sisi gedung baru.

“Tujuan menempati gedung ini dalam rangka mengamankan aset-aset pemerintah daerah Kabupaten Kediri berupa sarana dan prasarana bangunan kantor. Karena dengan ditempatkannya Satpol di sini, nanti setelah itu akan ada aktivitas di sini dan otomatis terjaga terawat,” papar Kaleb.

“Perpindahan kantor ini tidak mengganggu kinerja Satpol PP. Karena sudah ada pos jaga yang berada di beberapa tempat seperti di Pendopo Panjalu Jayati, Kantor Pemkab Kediri, Monumen SLG serta Convention Hall SLG,” tambahnya.

Dengan menempati bangunan baru ini, satuan damkar dari Satpol PP Kabupaten Kediri bisa menjangkau wilayah bagian tengah, yang sebelumnya belum terjangkau secara maksimal.

“Ada 3 tempat dalam pengoperasian alat damkar, apabila terjadi kebakaran di Kabupaten Kediri. Antara lain pos damkar di Pare, Grogol, dan Ngadiluwih. Untuk wilayah tengah biasanya kita meminta bantuan dari pos damkar Pare atau meminta tolong damkar Pemerintah Kota Kediri. Nah, dengan adanya gedung baru Satpol PP diharapkan damkar bisa memiliki pos di wilayah tengah,” imbuh Kaleb.

“Atas nama Satpol PP, yang terutama kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Mas Bup (sapaan akrab Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana) atas apresiasi dan izin yang diberikan beliau kepada kami untuk menempati gedung ini. Pesan dari beliau, mudah-mudahan dengan kami berkantor disini lebih meningkatkan motivasi dan kinerja di dalam penegakkan peraturan daerah, serta membantu Mas Bupati di dalam memberikan pelayanan keselamatan masyarakat,” ucap Kaleb. (Siti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here