Sukseskan Sensus Pertanian 2023 Di Kabupaten Sidiarjo

0
271

Sidoarjo, IP.News – Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023 BPS Kabupaten Sidoarjo dengan tema “Mencatat Pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani” diselenggarakan di Pendopo Delta Wibawa Kamis, (25/5) kemarin.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati yang di wakilkan Asisten 1, Administrasi dan Kesra Kabupaten Sidoarjo, Bapak M. Ainur Rahman AP, M.Si.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Sidoarjo, Ir. Indriya Purwaningsih. Kepala Dinas Pertanian, Dr. Eni Rustianingsih ST. MT. Akademisi Sutiono, camat dan para kepala desa serta koordinator penyuluh BPP se-kabupaten Sidoarjo .

Di selah acara tersebut Asisten 1, Ainur Rahman menyampaikan dukungan terselenggaranya Sensus Pertanian 2023 karena setiap kebijakan membutuhkan data akurat dan valid, dan merupakan amanah UU No. 16 tentang statistik.

Beliau juga berharap ke depan pemerintah mempertimbangkan kembali kurun waktu pelaksaan sensus, yang terlalu lama jika hanya 10 tahun sekali.

Kadispertan, Dr. Eni Rustniangsih ST menyampaikan kondisi pertanian dikabupaten Sidoarjo Mengalami perubahan diantaranya konversi lahan pertanian yang cukup tinggi menjadi jalan tol, perumahan, perindustrian dan tanah kapling.

Harapan beliau untuk dapat memotret kondisi pertanian yang benar , apakah tahu persis apa saja yang ditanyakan dan strategi pendataannya.

Ir. Indriya Purwaningsih MT, Kepala BPS Sidoarjo Sedangkan, Kepala BPS Kabupaten Ir. Indriya Purwaningsih M.T dalam hal ini, menekankan pada pentingnya kolaborasi pelaksanaan ST2023 untuk mewujudkan statistik berkualitas di Sidoarjo , untuk indonesia maju.

“Tujuan ST2023 diantaranya untuk mendapatkan gambaran komprehensif terkini pertanian indonesia, menyediakan kerangka sampel untuk statistik pertanian seluruh Indonesia, yang muaranya untuk peningkatan kualitas design kebijakan pemerintah.

Selanjutnya Kepala BPS Sidoarjo. Ir. Indriya Purwaningsih M.T, memberikan pengarahan betapa pentingnya kinerja berbasis data, yang saling suport, dengan akurasi data yang baik dengan melalui sensus pertanian tahun ini, marilah kita dukung suksesnya Sensus Pertanian 2023 ini.” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut petani milenial, Slamet Desa Gedangrowo meminta agar kabupaten Sidoarjo menjaga kondisi pertanian dengan data yang akurat sebab petani milenial bukan hanya petani dengan usia muda namun bisa suport teman seusianya untuk berusaha di bidang pertanian dan menguntungkan.

Pertanian akan selalu menjadi tumpuan perekonomian suatu negara karena warga butuh pangan. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan keluarga, lingkungan, juga pemerintah. Beberapa terobosan yang ia lakukan diantaranya adalah pelatihan pertanian, pembuatan program wirausaha muda pertanian, taman tani wisata. ( MET/Bas)..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here