Tanggap Sigap, Tim Pusdalops BPBD Nganjuk Tangani Aduan Masyarakat Kabupaten Nganjuk

0
341

Amankan Ular Ptyas Mucosssus di Rumah Warga Rejoso

NGANJUK, IP.News – Tim Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nganjuk melakukan evakuasi ular Ptyas Mucosssus di rumah warga Dusun Jentir, Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso, Rabu (20/07/2022).   

Evakuasi dilakukan setelah adanya laporan dari warga. Seekor ular berjenis Ptyas Mucosssus itu berhasil dievakuasi oleh petugas dalam kondisi hidup.

 “Hari ini, Tim Pusdalops BPBD melakukan kegiatan sangat luar biasa. Yakni penangkapan ular berbahaya. Ular tersebut kami evakuasi dalam keadaan hidup,“ ucap Pelaksana Tugas Kalaksa BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wachid kepada PING.

Dijelaskan Abdul Wachid bahwa penangkapan ular berbahaya tersebut dilaksanakan setelah tim Pusdalops BPBD Kabupaten menerima laporan bahwa ada seekor ular yang masuk kedalam rumah warga di Rejoso.

“Setelah kami koordinasi. Alhamdulillah dengan tanggap sigap tim kami langsung menuju lokasi yang berada di Dusun Jentir, Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso untuk mengecek dan mengevakuasi ular tersebut, “ terang Abdul Wachid.

Abdul Wachid menegaskan bahwa ular berjenis Ptyas Mucosssus tidak berbisa. Namun demikian, ular tersebut sangat membahayakan bagi masyarakat. “Ular ini akan kami simpan dulu di mako BPBD dan akan kami teruskan ke pihak yang menangani,“ imbuhnya.

Lebih lanjut, Pelaksana Tugas Kalaksa tersebut juga mengimbau kepada masyarakat, apabila ada kejadian seperti ini. Segera melaporkan ke Pusdalops BPBD. Sehingga pihaknya bisa menindaklanjuti dan mengeksekusi. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu menangani permasalahan masyarakat Kabupaten Nganjuk,“ imbuhnya.

Sebagai informasi, Tim Pusdalops BPBD Kabupaten Nganjuk menerjunkan 10 personil untuk proses evakuasi ular tersebut. Di antaranya 2 petugas piket posko Pusdalops, 4 petugas tim reaksi cepat, 1 petugas driver, dan 2 petugas logistik BPBD Kabupaten Nganjuk.  (*)

Sumber : PING

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here