Usia 68 Tahun, H. Matali Siap Mencalonkan Kades

0
106
Plt Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin memberikan ucapan selamat kepada H. Matali

Sidoarjo, IP.News – H Matali melangkah maju ke tengah-tengah ruang sidang paripurna DPRD Sidoarjo, Sabtu (18/01). Ia langsung melakukan sujud syukur di hadapan ratusan pasang mata yang memenuhi ruangan tersebut.

Pria 68 tahun itu memang pantas bersyukur. Pasalnya, acara pengesahan perda baru Kabupaten Sidoarjo tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar saat ini telah membuka peluangnya untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Wonoayu, Kecamatan Wonoayu.

Ia pun segera mendapatkan ucapan selamat dari para anggota dewan, termasuk Plt Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin. Maklum, Matali juga sempat menjadi anggota DPRD pada periode sebelumnya.

Karena itulah tokoh Paguyuban Mantan Kepala Desa itu gigih memperjuangkan perubahan Perda Kabupaten Sidoarjo nomor 8 tahun 2015 yang membatasi usia calon kepala desa (Cakades) di usia 63 tahun.

“Ini masalah hak politik setiap warga negara. Dan lagi yang terpenting adalah kemampuan personal para cakades yang sangat berpengaruh pada gaya kepemimpinannya,” ujar Matali.

Ia menambahkan profesionalisme seorang kades dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan cepat dan tepat. Itu tidak ditentukan oleh usia sang pemimpin di tingkat desa.

Apalagi piranti hukum yang berada di atas perda juga tidak mensyaratkan adanya batasan usia bagi cakades. “Hanya Sidoarjo saja yang melakukan pembatasan usia. Karena itu aturan tersebut memang sudah selayaknya diubah agar tidak bertentangan dengan undang-undang, peraturan pemerintah maupun peraturan menteri dalam negeri,” tuturnya lagi.(*)

Sumber : Memorandum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here