10 Manfaat Bunga Rosella Merah Bagi Kesehatan

0
53

Indonesia pos.news – Manfaat bunga rosella merah untuk mencegah penyakit memang sudah banyak diketahui masyarakat. Bunga rosella (Hibiscus Sabdariffa) berasal dari Benua Afrika dan banyak tumbuh di negara tropis/subtropis. Bagi Anda penyuka minuman herbal, pasti sering melihat teh ini dalam bentuk kering atau teh celup.

Dilansir laman healthline.com, salah satu manfaat bunga rosella merah adalah mencegah kanker. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui. Pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat bunga rosella merah bagi kesehatan tubuh.

Kandungan yang Ada Pada Bunga Rosella

Dilansir laman Dinas Pertanian & Pangan Kabupaten Demak, bunga rosella memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C pada bunga rosella 10x lebih besar dari buah belimbing, 2,5x lebih besar dari jambu biji dan 9x lebih besar dari buah jeruk.

Dalam 100 gram bunga rosella juga terdapat kandungan lainnya, yaitu:

  • Riboflavin: 0,07 mg
  • Vitamin C: 17 mg
  • Protein: 2 g
  • Karbohidrat: 10,2 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat besi: 3 mg
  • Tiamin: 0,05 miligram (mg)
  • Niacin: 0,06 mg
  • Polifenol
  • Flavonoid

Manfaat Bunga Rosella Merah

Selain enak dikonsumsi, bunga rosella juga punya banyak manfaat. Dilansir laman healthline.com, inilah beberapa manfaat dari bunga rosella merah untuk tubuh Anda:

1. Kaya Antioksidan

Manfaat bunga rosella merah dalam mencegah berbagai penyakit tak luput karena kandungan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dapat meningkatkan kolesterol jahat, merusak sel-sel di tubuh serta melemahkan daya tahan tubuh. Zat-zat antioksidan dalam bunga rosella adalah polifenol, flavonoid dan vitamin C.

2. Mencegah Penyebaran Bakteri

Bakteri di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, tetanus, disentri sampai tipes. Kandungan polifenol dalam bunga rosella berfungsi sebagai antibakteri untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh kita.

3. Mencegah Diabetes

Penyebab utama diabetes adalah radikal bebas dalam tubuh yang berlebihan. Apabila jumlah radikal bebas terus bertambah maka dapat menyebabkan kerusakan sel atau jaringan, penyakit autoimun, kanker, aterosklerosis, penyakit jantung dan diabetes mellitus. Nah, kandungan antioksidan dalam bunga rosella sangat baik untuk melawan radikal bebas.

4. Mencegah Kanker

Hebatnya lagi dari bunga rosella adalah bisa mencegah kanker. Kandungan polifenol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada mulut, prostat, perut, dan payudara. Namun perlu diingat, bunga rosella hanya bisa mencegah, bukan menyembuhkan. Jadi untuk antisipasi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi olahan bunga rosella dari sekarang.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Cobalah mengkonsumsi olahan bunga rosella selama 6 minggu jika Anda menderita hipertensi ringan. Selain mengkonsumsi olahan bunga rosella, Anda juga harus menjaga pola hidup sehat seperti berhenti merokok, konsumsi buah dan sayur serta kurangi stres.

6. Meningkatkan Nilai Kolesterol Baik

Salah satu khasiat bunga rosella yang paling terkenal adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan meningkatnya kolesterol baik dapat mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak dan penyakit jantung.

7. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam bunga rosella dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu sel-sel baik dalam tubuh. Jika radikal bebas dalam tubuh berkurang, tentunya dapat mengurangi resiko gangguan hati, jantung, stroke dan penurunan fungsi ginjal.

8. Mencegah Obesitas

Salah satu alasan mengapa teh rosella menjadi minuman favorit untuk diet adalah karena kandungan flavonoid dan vitamin C yang dapat mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Selain untuk mencegah obesitas, bunga rosella juga bermanfaat untuk menjaga berat badan Anda.

Selain itu, bunga rosella juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga makanan akan diolah menjadi energi. Namun, mengandalkan bunga rosella saja tidak cukup untuk diet. Anda tetap harus menjalani pola hidup sehat seperti makan sehat dan olahraga teratur.

9. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Bunga rosella juga bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak darah (trigliserida) yang bisa menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi. Selain mengkonsumsi bunga rosella, juga harus mengurangi makanan dengan karbohidrat dan kadar gula yang tinggi.

10. Menjaga Kesehatan Liver

Kandungan antioksidan dalam bunga rosella dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan hati. Namun, bagi Anda yang memiliki gangguan hati tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi bunga rosella, ya.

Bolehkah Minum Bunga Rosella Setiap Hari?

Manfaat bunga rosella merah memang sangat banyak. Tapi, bolehkah kita mengkonsumsinya setiap hari? Dilansir laman medicalnewstoday.com, mengkonsumsi bunga rosella secara berlebihan juga memiliki efek samping seperti mengganggu kesehatan hati.

Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat juga disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu, karena beberapa minuman herbal akan bereaksi terhadap obat. Bunga rosella tidak aman jika dikonsumsi dengan klorokuin dan obat malaria, nantinya kinerja obat tersebut tidak akan maksimal.

Walaupun bunga rosella bisa mencegah diabetes, namun pengidap diabetes dan darah tinggi harus memantau kadar gula darah dan tekanan darah saat mengkonsumsi bunga rosella. Wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengkonsumsi bunga rosella.

Bagaimana Cara Membuat dan Mengkonsumsi Bunga Rosella?

Salah satu olahan bunga rosella yang paling laku di pasaran adalah teh rosella. Cara membuatnya tidak sulit, Anda bisa mengolahnya membuatnya sendiri di rumah. Langkah-langkah dalam membuat teh rosella antara lain:

1. Siapkan Bunga Rosella

Pertama-tama, Anda harus mengumpulkan bunga rosella secukupnya. Setelah itu jangan lupa dicuci bersih.

2. Keringkan Bunga Rosela

Bunga rosella yang sudah bersih kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 70 derajat. Bisa juga dijemur selama 3 hari.

3. Mengolah Bunga Rosella Kering

Setelah kering, kupas kelopaknya dan hancurkan menjadi potongan-potongan kecil menggunakan roller kayu.

4. Seduh Teh Rosella

Ambil sekitar 2 gram rosella kering dan masukan ke dalam kantong teh. Sekarang, teh rosella sudah bisa diseduh seperti teh celup biasa. Anda bisa menambahkan pemanis sesuka hati, lebih enak jika pakai madu.

Wah, manfaat bunga rosella merah banyak banget, ya? Namun, manfaat tersebut bisa didapatkan jika mengkonsumsi bunga rosella dengan rutin. Apakah detikers tertarik mengkonsumsi bunga rosella? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here