261 RT se Kecamatan Porong dan 353 RT dari Tanggulangin Terima Bantuan Sound System

0
156

Sidoarjo , IP.News – Giliran RT se Kecamatan Porong dan Tanggulangin terima bantuan sound system dari Pemkab Sidoarjo. Terdapat 261 RT se Kecamatan Porong dan 353 RT se Kecamatan Tanggulangin yang menerimanya. Penyerahan dilakukan sekaligus di Pusat Bisnis Jawa Timur Suncity Biz jalan Arteri Baru Porong, Sabtu, (12/8).

Secara simbolis bantuan sound system diserahkan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Mudhlor, S.IP. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Usman dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Emir Firdaus.

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Ahmad Mudhlor menyampaikan beberapa pesan. Antara lain menguyubkan warganya. Warga harus tahu satu persatu tetangganya. Apalagi dengan ketua RT nya. Warga harus mengetahuinya. Terlalu jika warga tidak mengetahui ketua RT nya siapa. Pun dengan bupatinya. Warga harus tahu siapa bapaknya warga Sidoarjo.

“Kadang kebacut (terlalu) sama RT nya saja tidak kenal, sama RW nya juga tidak kenal dan lebih kebacut sama bupatinya loh tidak kenal,”ucapnya yang disambut tawa ketua RT yang hadir.

Oleh karenanya bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu meminta semua RT harus “hidup” kembali. Kegiatan kemasyarakatan harus kembali digalakkan. Semisal dengan kerja bakti.

Menurutnya hal-hal semacam ini akan memperkuat keguyuban warga. Namun saat ini ia melihat jarang ada kerja bakti. Padahal yang merasakan manfaatnya adalah diri sendiri. Bukan siapa-siapa. Lingkungannya menjadi bersih dan indah.

Program bantuan kali ini dapat digunakan untuk sarana menguyubkan warga. Selain dibuat hiburan saat kerja bakti, juga dapat digunakan untuk kegiatan senam atau bahkan pengajian.

“Saya yakin mungkin hanya 10 persen RT itu satu bulan sekali mengadakan kerja bakti, mulai saat ini harus berubah, ada majunya, ada bagusnya, ada guyubnya dan ada rukunnya lingkungan RT RW yang diuntungkan adalah warga RT RW itu sendiri,”ujarnya.

Gus Muhdlor juga meminta tidak ada lagi RT RW seumur hidup. Semua warga harus ikut berperan dalam pembangunan. Menurutnya ketua RT merupakan panglima pembangunan di daerahnya masing-masing. Maju tidaknya lingkungannya tergantung RT. Bagaimana menggerakkan warganya untuk membangun lingkungannya menjadi kuncinya.

“Kalau kita kompak, percepatan pembangunan akan dapat kita rasakan bersama,”ujarnya.

Sementara itu pesan terakhir yang disampaikan Gus Muhdlor cukup menggelitik. Disambut tawa semua RT bersama RW dan perwakilan lembaga masyarakat desa yang hadir.

Pesannya yakni sound system yang diterima jangan sampai dijual. Pasti akan ketahuan jika dijual. Pasalnya sound system yang diberikan khusus dibuat untuk bantuan RT. Tidak dijual bebas dipasaran.

“Serius ya, kalau sound ini saya lihat ada di pasar loak Larangan, akan saya cari siapa RT yang menjualnya,”ucapnya. (MeT/Bas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here