Bahayakan Warga, Buaya sepanjang 2,5 Meter dievakuasi Damkarmat Bojonegoro

0
85

Bojonegoro, IP.News – Buaya sepanjang 2,5 meter berhasil dievakuasi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro, Jumat (16/2/2024) sekitar pukul 12.30 WIB. Buaya tersebut ditangkap tidak jauh dari permukiman warga, sekitar 50 meter.

Buaya yang dinilai membahayakan itu berhasil ditangkap setelah kemunculannya diketahui warga. Kemunculan buaya diketahui sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sulkan, di Sungai Prudung Dusun Brangkal RT 03 RW 01 Desa Kebonagung Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro.

“Setelah kami mendapat laporan dari masyarakat, kemudian melakukan penjebakan dengan simpul tali di jalur yang sering dilalui dan berhasil menjerat moncongnya,” ujar Kepala Damkarmat Bojonegoro, Ahmad Gunawan.

Sebelumnya, di sekitar lokasi penangkapan buaya tersebut sudah sering diketahui adanya kemunculan buaya. Sehingga, pihak Damkarmat Bojonegoro memasang papan peringatan agar tidak melakukan aktivitas di sungai.

“Setahun lalu, jarak sekitar 1 km dari kemunculan yang sekarang ini ada 2 ekor yang muncul,” jelas Pria kelahiran Pamekasan, Madura itu.

Sekadar diketahui, proses evakuasi buaya itu dilakukan dengan mengerahkan 8 anggota, 5 anggota Pos Padangan dan 3 personel Pos Damkarmat Kota.

Setelah berhasil dievakuasi, buaya sepanjang kurang lebih 2,5 meter itu selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Bojonegoro. [cb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here