Berdesa Sepenuh Hati, PABPDSI Banyuwangi

0
203

Banyuwangi, IP.News – Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia Banyuwangi, sesuai visi dan misinya,menjaga marwah BPD, menciptakan hubungan yang harmonis, dan bersinergi dalam berdesa,mengadakan kegiatan NGAJI BERDESA di Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Jum’at (24/12/2021)

Hadir dalam Ngaji Berdesa semua pengurus PABPDSI Banyuwangi, diantaranya, Ketua Misnadi. SH.MH,wakil ketua Supriyadi.SH,Adi Cahyono.SH.M.H dan semua anggota BPD se -kecamatan Blimbingsari.

Handoyo, Spd. MM ketua BPD Watukebo Kecamatan Blimbingsari menyampaikan, kita BPD se-Kecamatan Blimbingsari ini, masih perlu banyak belajar. Untuk bersama – sama memahami tugas dan fungsi BPD sesuai Perda yang ada.

“Semua BPD se-Kecamatan Blimbingsari kompak untuk bersinergi dengan Kepala Desa, “kata Handoyo.

Ketua PABPDSI Banyuwangi, Misnadi menyampaikan,perlu adanya penyuluhan hukum ke masing – masing desa tentang Perda BPD.

“Memalsukan tanda tangan disuruh atau tidak disuruh itu tetap palsu, walau itikadnya baik. Sehingga PABPDSI perlu penyuluhan hukum ke semua desa,dan PABPDSI siap memberikan pendampingan hukum secara gratis,”tuturnya.

Pemahaman tentang tugas dan fungsi BPD di kabupaten Banyuwangi masih belum merata ke semua desa. Masih ada yang belum memahami apa itu Musdes dan Musrengbangdes. Padahal itu penting dipahami tentang Musdes yang menjadi ranah dan kewengan BPD untuk melaksanakan Musdes. Permendes No. 16 tahun 2019 mengatur tata cara tentang Musdes. Sedangkan Musrengbangdes menjadi ranah dan kewenangan desa.

Sekretaris PABPDSI Supranggono,menjelaskan dasar Musdes sebagaimana diatur dalam UU No. 6 tahun 2014 pasal 54, Permendagri No. 114 tahun 2014 pasal 31 dan 32, Permendes No. 16 tahun 2019.Musdes dipimpin oleh Ketua BPD dan Sekretaris BPD sebagai ketua Panitia.

Eko Widianto, wakil ketua 5 pengurus PABPDSI Provinsi Jawa Timur, memberikan pemahaman terkait siltap perangkat desa dan BPD, sesuai peraturan yang ada, PP No. 11 tahun 2019,Perbup No.10 tahun 2020 dan Perbup No.20 tahun 2020 mengatur tentang prosentase siltap perangkat desa dan BPD.

Semua anggota BPD yang hadir merasa senang,karena Ngaji Berdesa PABPDSI Banyuwangi bisa memberikan pemahan tentang tugas da fungsi BPD. Semua anggota BPD yang hadir diberikan kebebasan untuk bertanya tentang desa. Dan mengusulkan untuk pertemuan BPD se-kecamatan Blimbingsari berikutnya bertempat di balai desa Sukojati. (irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here