Bunga Telang Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja?

0
88

Indonesiapos.news – Bunga telang sering digunakan sebagai pewarna makanan alami dan dikonsumsi dalam bentuk teh untuk menunjang kesehatan tubuh.

Lantas, bunga telang bisa menyembuhkan penyakit apa saja? Ternyata, bunga telang dapat membantu meredakan rambut rontok, gejala alergi, diare, hipertensi, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar penyakit yang bisa disembuhkan dengan bunga telang.

Masalah rambut

Daun telang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan, termasuk mengatasi rontok.

Kandungan flavonoid pada bunga telang diketahui dapat mendukung pertumbuhan rambut, menutrisi folikel sehingga akar dan helai rambut lebih kuat serta tidak mudah patah dan mencegah uban.

Masalah kulit

Masalah kulit seperti jerawat juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air rebusan bunga telang.

Dikutip dari Pharmeasy, bunga telang memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan pada kulit, termasuk jerawat.

Meredakan gejala alergi

Dikutip dari Siloam Hospitals, daun telang dapat menjadi cara alami untuk meredakan gejala alergi yang sedang kambuh.

Bunga ini dapat mengurangi produksi histamin atau zat yang dihasilkan oleh sel darah putih di dalam tubuh ketika terjadi reaksi alergi atau infeksi.

Diare

Zat antiradang dan antibakteri pada bunga telang dapat membantu meredakan gejala diare sekaligus melancarkan kerja sistem pencernaan.

Hipertensi

Bunga telang bisa menyembuhkan penyakit hipertensi akibat tingginya tekanan darah.

Menurut penelitian, ekstrak bunga telang dapat menurunkan tekanan darah dengan cara membantu melebarkan pembuluh darah agar aliran daran lancar.

Itu sebabnya, mengonsumsi ekstrak atau teh bunga telang dapat membantu meredakan hipertensi sekaligus mencegah penyakit jantung. (cb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here