Bunga Telang Kaya Manfaat Berkhasiat

0
85

Indonesiapos.news – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya sumber daya alam. Keberagaman geografis dan iklimnya membuat Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan, hewan, dan sumber daya alam lainnya. Keanekaragaman hayati tersebut merupakan potensi ekonomi yang besar dan juga memiliki nilai budaya serta manfaat dalam bidang kesehatan tradisional.

Salah satu contoh tanaman obat yang telah digunakan secara turun temurun adalah bunga telang (Clitoria ternatea). Tanaman ini dikenal dengan kembang telang di daerah Jawa. Nama lain seperti bunga biru atau butterfly pea flower. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru atau ungu yang menarik dan biasanya tumbuh merambat. Khasiat pengobatan dari bunga telang ini karena memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba yang potensial seperti antivirus, antiinflamasi, anti alergi, antidiabetes, dan antikanker.

Bunga telang memiliki sejumlah manfaat tradisional, terutama dalam bidang kesehatan. Beberapa manfaat bunga telang yaitu:

  1. Melancarkan buang air kecil.Caranya, rebus 0,3 gram kembang telang kering dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Minum rebusan ini dua kali sehari sebanyak 1 gelas.
  2. Pembasmi racun, sebagai agen pembersih tubuh dari racun. Seduh 2-3 kuntum kembang telang dengan air panas, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bisa langsung diminum atau ditambahkan madu atau perasan jeruk lemon.
  3. Melancarkan haid, dengan menggunakan akar kembang telang berwarna putih yang direbus secara rutin untuk membantu melancarkan datang bulan (haid).
  4. Obat penyakit kulit/bisul.Tumbuk kembang telang biru bersama dengan gula jawa, lalu baluri pada kulit yang terkena penyakit secara teratur hingga sembuh. Untuk mengobati jerawat, haluskan bunga, daun, akar bunga telang lalu balurkan pada jerawat.
  5. Pembersih dan obat mata.Campurkan lima kembang telang dengan 50 mililiter air, saring, dan diamkan hingga dingin. Gunakan air saringan tersebut untuk meneteskan pada mata. Hal ini membantu membersihkan mata dan mengobati sakit mata.
  6. Menghitamkan dan menguatkan rambut.Haluskan bunga telang dan gunakan sebagai alternatif shampo untuk menghitamkan dan menguatkan rambut.
  7. Mengobati sakit telinga.Oleskan air perasan dari beberapa helai daun telang yang dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan secara teratur untuk membantu meredakan sakit telinga.
  8. Obat Bronchitis.Rebus sekitar 30-60 gram akar kembang telang dengan 4 gelas air hingga air tinggal separuhnya. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas untuk membantu mengatasi bronchitis.
  9. Meningkatkan daya ingat/sistem otak.Buat teh kembang telang dengan merebus 15 kelopak bunga telang dan 5 batang serai dalam satu liter air hingga mendidih. Setelah air berwarna biru dan aroma serai tercium, matikan kompor, saring, dan tuangkan ke dalam poci. Teh telang siap diminum.

Manfaat bunga telang telah diyakini khasiatnya dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat secara turun temurun sebagai warisan para leluhur. Namun pemakaian secara bijak diperlukan dalam pengobatan jangka panjang dan tetap konsultasi dengan ahli kesehatan sebagai bentuk kehati-hatian. (DA’23)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here