Bupati Sidoarjo: Kapasitas Intelektual Dan Skill Kepemimpinan Sangat Dibutuhkan Dalam Kancah Internasional

0
730
Bupati Sidoarjo, Saiful Illah, SH. M.Hum saat pimpin Upacara Sumpah Pemuda Di Alun-alun Sidoarjo

Sidoarjo,IP.News – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo gelar upacara pada Senin (28/10/2019) di Alun-alun Sidoarjo.

Sebagai Inspektur upacara Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum dengan didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Melalui Bupati sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, bahwa Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja. Adalah pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Lebih jauh di sampaikan Saiful Ilah, bahwa pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Pasalnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang di ikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Menurutnya, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. (az)

“Tema ini sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju”, cetusnya.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia”, ucap Abah Saiful.

Ia menambahkan, kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Di akhir upacara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan berbagai penghargaan kepada pemuda-pemudi Sidoarjo yang memiliki perestasi pada bidang masing-masing.

Di antaranya, Ahmad Irfandi yang menjadi pelopor Bidang Pendidikan, Raditya Probo Ratu Wagoro pelopor di Bidang Pangan, Anugrah Ardi Kurniaji merupakan Pelopor di Bidang Agama Sosial dan Budaya, Khusnul Khotimah menjadi pelopor Inovasi Teknologi Program serta yang terakhir Areif Abdillah pelopor Pengelolaan SDA Lingkungan dan Pariwisata.

Sedangkan, untuk penerima penghargaan jenis prestasi diterima oleh I Putu Krisna dengan prestasi Pertukaran Pemuda antar Negara, Andra Julio Pratama mempunyai prestasi sebagai delegasi Jawa Timur Dalam Kapal Pemuda Nusantara. Devi Pradana memperoleh juara 1 lomba Kreatifitas Seni Budaya Tahun 2019 mendapatkan trophy dan uang pembinaann, Dimas prananta dan Gisela audini yang merupakan pemenang Paskibraka Provinsi Jawa Timur tahun 2019 yang menerima uang pembinaan, selanjutnya Delta Group 1st place folklore kategori 2nd place mix youth kategori finalis Absolute Winner competition 12th Grand Prix Thailand mendapatkan uang pembinaan sebesar 15 juta.
Kemudian, Khalifa Pricelya menjadi Juara 1 Putri Duta lantas Jatim dan Yogie Wahyu Pramudya juara 2 Putra Duta lantas Jatim Tahun 2019 yang masing-masing mendapatkan trophy dan uang pembinaan.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Sidoarjo menyampaikan, bahwa pada moment peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini, Bupati Saiful Ilah juga akan menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Pemuda di Jakarta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.(az)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here