Capai ODF Kabupaten Nganjuk Siap Ikuti STBM Award Tingkat Nasional

0
64
Plt Bupati Nganjuk H Marhaen Djumadi bersama Pejabat Utama Pemkab Nganjuk kepalkan tangan semangat siap ikuti STBM Award setelah paparkan berbagai inovasi program di Kabupaten Nganjuk secara virtual.

NGANJUK, IP.News – Dengan melakukan upaya dan strategi menuju Open Defication Free (ODF). Kabupaten Nganjuk berhasil masuk empat besar penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dengan hasil ini Kabupaten Nganjuk berhak satu tempat mengikuti penilaian STBM Award tahun 2021 tingkat Nasional.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi memimpin dan mempresentasikan langsung berbagai inovasi Kabupaten Nganjuk dalam penilaian STBM Award tingkat Nasional yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (21/9/2021) silam.

Dijelaskan Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk dalam rangka mendukung STBM Award 2021  dengan melakukan upaya dan strategi menuju Open Defication Free (ODF).

Dimana upaya dan strategi tersebut diantaranya dengan melakukan pelatihan bagi fasilitator, kemudian pemicuan STBM, dan monitoring rencana tindak lanjut (RTL) pascapemicu.

“Kami intensif lakukan pendampingan terhadap komite STBM tingkat desa, kemudian verifikasi dan deklarasi ODF itu sendiri,” kata Marhaen Djumadi.

Lebih lanjut dikatakan Marhaen Djumadi, Pemerintah Daerah siap memberi fasilitas kepada masyarakat agar Kabupaten Nganjuk berhasil mencapai ODF. Dimana nilai ekonomis tidak sekadar tertuang dari angka nominal.

“Akan tetapi, nilai gotong royong partisipasi masyarakat dalam membentuk tenaga, pikiran termasuk peran serta swasta yang juga penting dalam mencapai ODF,” ucap Marhaen Djumadi.

Oleh karena itu, tambah Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk dalam mendukung STBM Award telah melibatkan banyak pihak. Baik itu organisasi masyarakat dan organisasi profesi yang terlibat dalam penilaian STBM.

Terciptanya program sanitasi sebagai bentuk pendekatan untuk merubah perilaku bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan bisa diwujudkan.

“Dan tujuan utama dari STBM Award untuk menurunkan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku masyarakat dapat dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk,” tutur Marhaen Djumadi. (por/san)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here