Dalam Satu Dekade, Desa Sumber Asri raih 2 penghargaan Tingkat Kabupaten Banyuwangi

0
1259
Sukadiyanto, Desa Sumber Asri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi, IP.News – Kerja keras yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumber Asri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi tidak sia-sia alias mubadzir.

Pasalnya dari hasil kerja keras dan koordinasi yang baik antara pihak Desa dengan Lembaga yang ada di Desa beserta seluruh elemen masyarakat, akhirnya membuahkan hasil.

Dalam lomba Desa yang dilaksanakan oleh Pemkab Banyuwangi, Desa Sumberasri dinobatkan sebagai juara 2 tingkat kabupaten.

Kesuksesan ini diraih atas kerja keras dalam pengelolaan dana DD (Dana Desa) yang anggarannya dari APBN dan ADD (Alokasi Dana Desa) yang alokasi anggarannya bersumber dari ABPD Kabupaten Banyuwangi.

Selain sukses dalam pengelolaan adminitrasi DD dan ADD, menurut Team penilai dari Kabupaten, Desa Sumberasri dinyatakan sukses. “ Dalam pelayanan pada masyarakat, hal ini tidak terlepas dari kerja keras para staf Desa beserta perangkat Desa yang secara tulus ikhlas melayani masyarakat “. Kata Kepala Desa Sumber Asri, Sukadiyanto.

Lebih lanjut Kepala Desa Sumberasri, menjelaskan kesuksesannya dalam lomba Desa Siaga tingkat Kabupaten, karena Desa Sumberasri dinilai sukses dalam pengelolaan posyandu, makanan sehat, Taman posyandu, administrasi dan PKK, serta Kebersihan lingkungan, baik lingkungan Kantor maupun lingkungan masyarakat.

Kades Sukadiyanto Juga menjelaskan kesuksesannya yang diraih Desa Sumberasri atas kekompakan dan koordinasi yang terjalin sangat baik antara Kepala Desa beserta perangkat Desa, Lembaga Desa serta seluruh elemen masyarakat.

“ Meskipun Desa Sumber Asri menerapkan 5 hari kerja, tetapi jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, kami siap melayani masyarakat selama 24 jam, dan ini sudah menjadi komitmen sejak kami dilantik sebagai Kepala Desa “. Jelas Sukadiyanto.

Prihal program yang akan dilaksanakan ke depan, Kades Sumber Asri menyampaikan pertama ingin membantu masyarakat melalui progam PTSL (Pendaftaran Tanah Sestimatis Lengkap) yang biayanya sangat terjakau oleh masyarakat ekonomi lemah.

Progam yang juga tidak kalah pentingnya adalah program pemberdayaan masyarakat khususnya dibidang pertanian, caranya dengan mendatangkan investor atau kerja sama dengan perusahaan, contohnya penanaman labu dan pare.

“ diharapkan dengan menjalin kerjasama ini pendapatan para petani akan lebih meningkat sehingga tarap hidup masyarakat Sumber Asri akan lebih baik dan sejahtera “. Ucap Kades Sumber Asri. (nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here