Desa Kalipepe Adakan Grebeg Suro Dan Peringati HUT RI Ke-77

0
458

Lumajang, IP.News – Pemerintah Desa Kalipepe, Kecamatan Yosowilangun, Kabupa ten Lumajang menggelar tradisi grebreg suro sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI ke 77, dengan menampilkan aneka seni budaya. Acara ini diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Kalipepe Edi Purwanto, Minggu (21/8/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimca Yosowilangun, Camat Yosowilangun, Agni Magatrah, S.H., M.Si., Kapolsek Yosowilangun, AKP. Harianto, S.H., M.H., Rektor Institut teknologi dan bisnis Widyagama Lumajang dan DPRD Lumajang, serta seluruh Staf Kecamatan beserta Staf Desa Kalipepe.

Dalam kirab ada 3 gunungan berasal dari tiga Dusun yang berisi hasil bumi yang diarak menuju Balai Desa, gunungan tersebut sebagai bentuk perwujudan rasa syukur atas nikmat dari hasil bumi yang diperoleh masyarakat.

Kepala Desa Kalipepe mengatakan ke media, acara ini muncul dari inisiatif warga Kalipepe untuk melestarikan kearifan lokal. Dan kepada seluruh masyarakatnya mengajak menjaga NKRI sebagai penerus Kemerdekaan, mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal hal yang positif ” Ungkapnya.

Warga sangat antusias sekali menyambut acara ini, karena selama pandemi Covid -19 tidak dimeriahkan dan disepanjang jalan propinsi dipenuhi masyarakat untuk menonton kirab meskipun cuaca sangat panas sekali.(N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here