Dishub Kota Kediri Cek Kelaikan Bus Jelang Mudik Lebaran 2024

0
101

Kota Kediri, IP.News : Dinas Perhubungan Kota Kediri mulai melakukan inspeksi keselamatan angkutan (ramp check) ke Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Kota Kediri, Rabu (3/4/2024).

Melalui siaran pers yang diterima RRI, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan keselamatan transportasi menjelang mudik lebaran tahun 2024. 

Dalam kegiatan ini Dinas Perhubungan menerjunkan tim sebanyak 6 orang. Pengecekan diawali dengan mendatangi perusahaan otobus yang ada di Jalan Kilisuci.

“Untuk hasil pengecekan hari ini di PO Setiawan hanya terdapat 4 bus yang stand by di garasi. Dari 4 bus ini semua dinyatakan laik jalan, namun ada beberapa catatan seperti kaca depannya retak,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Didik Catur.

Dengan adanya temuan tersebut, Didik langsung mengimbau kepada pemilik PO untuk segera memperbaiki kaca yang retak demi keamanan dan kenyamanan pengemudi. 

Selain itu, Dinas Perhubungan melakukan ramp check mulai dari unsur administrasi yang meliputi kepemilikan kartu izin muatan, kartu izin STUK, dan SIM pengemudi. Unsur teknis utama terkait sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan dan dimensi muatan. Selanjutnya untuk beberapa hari ke depan, tim Dinas Perhubungan juga berencana akan melakukan pengecekan ke Perusahaan Otobus lain di Kota Kediri

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kelengkapan administrasi dan pemeriksaan fisik kendaraan seperti lampu, wiper, ban, Apar, dll,” kata Didik.

Selain melakukan pemeriksaan, Dinas Perhubungan Kota Kediri juga melakukan sosialisasi tentang SKB Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan balik angkutan lebaran tahun 2024 kepada PO dan juga perusahaan pengiriman atau ekspedisi. Dengan dilakukannya kegiatan ramp check ini, Didik berharap bisa mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan khususnya angkutan umum penumpang. Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama mudik. 

“Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan keselamatan penumpang maupun pengemudi khususnya dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2024. Selain itu sebagai antisipasi dini agar terhindar dari potensi kecelakaan,” katanya.

Pada giat ini, Didik berpesan, agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda 2 untuk mudik. Terlebih tahun ini diperkirakan akan ada lonjakan pemudik sehingga perlu ada upaya untuk mengurangi kecelakaan dan tingkat kemacetan selama masa lebaran.

“Untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan selama lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan telah menyiapkan program Balik Gratis dengan tujuan Kota Kediri-Surabaya. Ini bisa dimanfaatkan masyarakat sekaligus  mematuhi imbauan pemerintah agar pemudik bisa mengurangi penggunaan kendaraan roda-2 dan beralih ke angkutan umum,” katanya. 

Sumaryono, selaku PIC PO Setiawan menyebutkan, kesiapan armadanya jelang mudik lebaran. Dijelaskannya selama ini PO Setiawan melayani rute antar kota dan antar provinsi. Bukan hanya dalam momen lebaran, Sumaryono mengaku pihaknya memiliki kewajiban untuk selalu menyiapkan armadanya laik baik dari segi administrasi maupun segi fisik.

“Dengan adanya kegiatan ramp check ini kami sangat menyambut positif karena kegiatan ini membantu mengontrol kami dari sisi yang diwajibkan oleh Undang-undang tentang kelaikan kendaraan dari segi administrasi dan fisik,” katanya. Sumaryono menambahkan, pihaknya juga telah rutin melakukan pengujian KIR secara berkala. Namun dalam momen lebaran ini, ia lebih intens memeriksa dan menyiapkan kelaikan kendaraan baik untuk angkutan pariwisata, angkutan antar kota antar provinsi, maupun arus mudik dan arus balik. (*)

sumber : KBRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here